Dinas KPKP Optimalkan Pertanian Perkotaan di Kepulauan Seribu

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 20 Januari 2020 15:34 WIB | Dibaca 746 kali
Dinas KPKP Optimalkan Pertanian Perkotaan di Kepulauan Seribu (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengembangkan budi daya sayuran dan buah melalui program urban farming atau pertanian perkotaan di Kabupaten Kepulauan Seribu. Tujuannya, mewujudkan kebutuhan dan kemandirian pangan khususnya sayuran di Kepulauan Seribu. 

" Kebutuhan sayuran dipenuhi secara mandiri,"

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni menjelaskan, Kepulauan Seribu memiliki potensi dalam budi daya sayuran. Pertanian perkotaan terus dikembangkan di sejumlah pulau permukiman seperti, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, dan Pulau Sebira. 

"Pengembangan budi daya mencakup berbagai jenis sayuran dan buah seperti, terong, kangkung, bayam, selada, cabai, bawang merah, semangka dan lain-lain. Upaya ini ke depan akan terus digiatkan dengan melibatkan masyarakat setempat agar kebutuhan sayuran dapat dipenuhi secara mandiri di Kepulauan Seribu," ujarnya, Senin (20/1). 

Darjamuni menjelaskan, Dinas KPKP DKI Jakarta bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu terus bertekad memanfaatkan ruang dan lahan yang ada sebagai lokasi budi daya sayuran dan buah.

Menurutnya, tingkat partisipasi masyarakat di Kepulauan Seribu terhadap pengembangan pertanian semakin tinggi. Masyarakat mulai memahami pentingnya untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah skala rumah tangga. 

"Tahun ini Dinas KPKP akan terus memaksimalkan pembinaan dan pendampingan bagi warga Kepulauan Seribu yang menjadi penggiat pertanian perkotaan," tandasnya.

Untuk diketahui, Dinas KPKP DKI Jakarta telah melakukan budi daya sayuran di Pulau Tidung Kecil dengan luas lahan 10.000 meter persegi. Tanaman yang dibudidayakan meliputi, terong ungu 300 pohon, terong lalap 348 pohon, cabai rawit merah 2.000 pohon, pepaya 60 pohon, timun suri 500 pohon, dan semangka sebanyak 300 pohon.

TOP