Yuk, Berburu Ikan Cupang Hias di Sentra Flona Semanan

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Rio Sandiputra | Rabu, 15 Januari 2020 18:35 WIB | Dibaca 9550 kali
Yuk, Berburu Ikan Cupang Hias di Sentra Flona Semanan (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Paduan warna yang indah dan cantik menjadikan ikan cupang selalu menarik untuk dipelihara. Ikan yang memiliki nama ilmiah Betta ini, memiliki penggemar tersendiri di kalangan pecinta ikan hias.

"Kadang kita ketemu sama yang hobinya sama, ya tukar informasi bagaimana merawat cupang, "

Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang habitat aslinya berada di sungai berarus tenang. Pada umumnya, ikan ini memiliki tiga golongan, yakni cupang liar, cupang aduan dan cupang hias.

Untuk cupang hias, keindahan kombinasi warna sisik, sirip hingga buntut ikan cupang bisa "menghipnotis" kita. Apalagi saat ikan tersebut melenggak-lenggok memerkan tubuhnya di dalam akuarium dengan pencahayaan yang baik.

Tidak sulit untuk mencari cupang hias di Jakarta. Salah satu tempat yang banyak menjual ikan cupang berada di Sentra Flona Semanan, yang terletak di Jalan Haji Asenih, Semanan, Kalideres, Jakarta Barat.

Terdapat blok khusus dengan 30 lapak peternak dan penjual ikan cupang di sentra yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta. Para penghobi ikan hias bisa langsung melihat, dan memilih ikan cupang dari berbagai jenis. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 4.000, hingga Rp 500 ribu per ekornya.

Kosim (21), salah satu pedagang ikan cupang di Blok E1 Sentra Flona Semanan mengatakan, saat ini ikan cupang hias banyak dicari oleh penggemarnya. Tidak hanya karena keindahan tubuhnya, selain murah, ikan ini juga termasuk kuat dan mudah beradaptasi di wadah serta airnya.

"Kalau sehari minimal saya bisa menjual 100 ekor ikan cupang. Harga bervariasi, paling mahal kalau ukuran empat sentimeter saya jual Rp 500 ribu," ujarnya, Rabu (15/1).

Beberapa jenis ikan cupang hias yang dijual Kosim yaitu, jenis halfmoon, serit, slayer, fancy, plakat, blue rim dan black dragon.

Munadi (49), pedagang ikan cupang hias lainnya menambahkan, untuk penghobi terkadang tidak memiliki acuan khusus dalam menentukan harga untuk seekor cupang. Meski dari jenis kelas biasa, kalau perpaduan warna bagus bisa dihargai mahal.

"Tak jarang pengoleksi ikan cupang hias, kalau dilihat ikannya bagus, banyak warna dan ukurannya juga besar mau beli dengan harga mahal. Bisa sampai jutaan rupiah," ungkap pria yang mengaku telah beternak ikan cupang sejak 1988.

Sementara Siswoyo (38) salah satu penghobi ikan cupang hias mengaku mulai suka mengoleksi ikan tersebut sejak empat tahun lalu. Sentra Flona Semanan kerap menjadi tujuan ketika ingin menambah koleksi ikannya.

"Dulu waktu zaman sekolah saya suka ikan cupang aduan, seru sama teman-teman. Kalau sekarang lebih suka lihat keindahan warna warni cupangnya. Sering juga belanja di sini, harganya masih terjangkau dan cukup lengkap jenisnya," tutur Siswoyo.

Tidak hanya itu, menurut Siswoyo di Sentra Flona Semanan ia juga bisa menambah pengetahuan dan juga teman sesama penghobi ikan hias.

"Kadang kita ketemu sama yang hobinya sama, ya tukar informasi bagaimana merawat cupang. Tambah teman, tambah ilmu juga," tandasnya.

TOP