Layanan Restorasi Arsip Digelar di RPTRA Permata Intan

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Senin, 13 Januari 2020 14:46 WIB | Dibaca 332 kali
Layanan Restorasi Arsip Digelar di RPTRA Permata Intan (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Timur membuka layanan restorasi dan digitalisasi arsip di RPTRA Permata Intan, Bidara Cina, Jatinegara, Senin (13/1).

" Layanan restorasi dan digitalisasi arsip yang diberikan pada warga terdampak banjir ini dilakukan oleh tujuh petugas,"

Plt Kepala Seksi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Sudin Pusip Jakarta Timur, Suprapto mengatakan, dalam kegiatan itu, arsip warga yang rusak dilaminating ulang kemudian di-scanning untuk diarsipkan secara digital. Setelah itu, arsip dijadikan dokumen dalam bentuk compact disc (CD) untuk kemudian diserahkan kepada warga.

"Kami mengerahkan tujuh petugas dalam layanan restorasi dan digitalisasi arsip kali ini," ujar Suprapto.

Menurutnya, bagi warga yang dokumennya rusak maupun hilang akibat banjir beberapa waktu lalu diminta lapor ke instansi terkait.

Nurjaenah (49), warga  RT 10/07 Bidara Cina mengucapkan terima kasih atas layanan restorasi dan digitalisasi arsip yang diberikan Pemprov DKI kepada warga terdampak banjir.

"Alhamdulillah dokumen penting milik saya sudah bisa diperbaiki kembali," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan dituturkan Arman (34), warga RT 10/11 Bidara Cina. Dirinya sangat berterima kasih karena diberikan solusi atas permasalahan kerusakan atau kehilangan arsip penting akibat banjir.

"Layanan restorasi dan digitalisasi arsip atau dokumen penting semacam ini sangat membantu," tandasnya.

TOP