Dinas KPKP Layani Pemeriksaan 2.884 Hewan Terdampak Banjir

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 13 Januari 2020 13:24 WIB | Dibaca 304 kali
Dinas KPKP Layani Pemeriksaan 2.884 Hewan Terdampak Banjir (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta memeriksa kesehatan 2.884 hewan milik warga terdampak banjir dalam periode 2-12 Januari 2020.

"Kami optimalkan layanan jemput bola "

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni merinci, untuk hewan peliharaan/kesayangan yang diperiksa terdiri dari 225 anjing, 1.451 kucing, 13 musang, tujuh kera, dan satu ekor kelinci. Sedangkan, hewan ternak yang diperiksa terdiri dari 603 ekor sapi dan 581 ekor kambing/domba.

"Kami buka posko pelayanan kesehatan hewan di sejumlah lokasi di lima wilayah. Ribuan hewan yang diperiksa ini berasal dari 214 lokasi terdampak banjir," ujarnya, Senin (13/1).

Darjamuni menjelaskan, dampak banjir dapat mempengaruhi daya tahan tubuh hewan dan berpotensi menimbulkan masalah penyakit seperti diare, flu, dan jamur apabila penanganannya tidak baik.

"Kami optimalkan layanan jemput bola. Begitu kita sudah dapat informasi lokasi kelurahan yang terdampak banjir kita langsung berangkat ke sana," terangnya.

Ia menambahkan, pelayanan kesehatan kepada hewan terdampak banjir yaitu, pemberian vitamin dan vaksinasi rabies. Selain itu, pemilik hewan peliharaan/kesayangan juga mendapat bantuan makanan/pakan, vitamin, obat jamur, dan salep mata sesuai kebutuhan.

"Kami berkolaborasi dengan donatur untuk memberikan bantuan kepada pemilik hewan peliharaan, ada dari komunitas penyayang hewan, perusahaan, maupun pribadi," tandasnya.

TOP