Sekda Tinjau Kondisi Hilir Sungai di Muara Angke

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Andry | Kamis, 09 Januari 2020 15:03 WIB | Dibaca 1005 kali
Sekda Tinjau Kondisi Hilir Sungai di Muara Angke (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Saefullah meninjau kawasan pesisir di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara. Dari peninjauan ini diketahui jika Kali Angke di Muara Angke mengalami pendangkalan dan kondisi tanggul penahan rob dinilai belum maksimal.

" Kita ke sini ada satu tujuan ingin melihat muara dari Kanal Banjir Barat,"

"Kita ke sini ada satu tujuan, ingin melihat muara dari Kanal Banjir Barat. Muara Angke juga merupakan hilir antara Kali Ciliwung dengan Kali Krukut," ujar Saefullah di lokasi, Kamis (9/1).

Saefullah menjelaskan, saat kondisi hujan deras, debit air di Kali Ciliwung mencapai 500 meter kubik per detik dan Kali Krukut sekitar 200 meter kubik per detik. Berdasarkan hasil evaluasi, air belum dapat dialirkan secara maksimal sehingga terjadi pelambatan yang memicu luapan ke sejumlah kawasan permukiman.

"Ke depannya Kali Muara Angke menjadi perhatian dan dipersiapkan agar mampu menampung debit air lebih dari 700 meter kubik per detik," katanya.

Ia berharap, dengan melakukan penanganan di bagian hilir, air dari bagian tengah kota bisa segera dialirkan tanpa hambatan. Sehingga kawasan yang terdampak genangan seperti Kampung Pulo, Cilandak serta Cawang akan bisa teratasi.

"Di samping cepatnya air dari hulu, hilirnya juga harus dibereskan," tandasnya.

TOP