PKK Kabupaten Tebo Pelajari IVA Test di Kecamatan Cilincing

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 16 Desember 2019 16:10 WIB | Dibaca 748 kali
PKK Kabupaten Tebo Pelajari IVA Test di Kecamatan Cilincing (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Tim Penggerak PKK Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, melakukan pemeriksaan metode IVA ( (Inspeksi Visual Asam Asetat) untuk pencegahan kanker serviks ke Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Senin (16/12).

" Pola ini akan menjadi pembelajaran bagi kami,"

Ketua TP PKK Kabupaten Tebo, Saniatul Lativa mengatakan, Kecamatan Cilincing menjadi tujuan mereka berkunjung karena dinilai berhasil meraih penghargaan prakarti utama I tingkat nasional untuk program penanganan kanker serviks melalui IVA test.

Dia mengaku, mendapat banyak wawasan tentang metode penanganan kanker serviks yang melibatkan banyak pihak.  

"Pelajaran yang kami dapat, penanganan melibatkan seluruh pihak. Pola ini akan menjadi pembelajaran bagi kami," ucapnya.

Wakil Ketua II TP PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Siti Nurlaila menjelaskan, upaya meningkatkan kesadaran melakukan IVA Test sebagai upaya mengatasi kanker serviks dengan melibatkan banyak pihak bukanlah perkara mudah. Apalagi, Kecamatan Cilincing merupakan salah satu wilayah dengan tingkat kepadatan populasi tinggi.

Karena itu, hasil yang diraih merupakan kerja kolosal dan pantang menyerah dari pada kader serta petugas kesehatan. Pelaksanaannya pun melibatkan warga dan banyak pihak sehingga tingkat kesadaran warga pun secara bertahap meningkat.

"Kita bangun sistem pengelolaan administrasi dan fasilitas pemeriksaan IVA Test dalam ladys car untuk layanan jemput bola," tandasnya.

TOP