Komisi D Dukung Trotoar Dibangun dengan Konsep Complete Street

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Kamis, 05 Desember 2019 19:23 WIB | Dibaca 711 kali
Komisi D Dukung Trotoar Dibangun dengan Konsep Complete Street (Foto : Adriana Megawati / Beritajakarta.id)

Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Dinas Bina Marga DKI Jakarta menggelar rapat pendalaman Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun anggaran 2020 di Gedung DPRD DKI Jakarta.

"Secara keseluruhan kami mendukung adanya konsep complete street pada pekerjaan trot oar tahun depan,"

Pada rapat tersebut, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan revitalisasi trotoar dengan konsep complete street yang akan dikerjakan Dinas Bina Marga DKI awal 2020 mendatang.

"Kita dua hari ini hanya untuk pematangan secara detail. Secara keseluruhan kami mendukung adanya konsep complete street pada pekerjaan trotoar tahun depan," ujarnya di lokasi, Kamis (5/12).

Sementara itu, Kepala Dinas Binas Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menjelaskan, konsep trotoar complete street merupakan trotoar yang memiliki kelengkapan fasilitas dan membuat nyaman para pejalan kaki. Kelengkapan fasilitas yang dimaksud seperti penyediaan jalur penyeberangan, jalur sepeda, area hijau seperti pohon pelindung hingga ubin penunjuk arah bagi penyandang disabilitas.

Konsep trotoar seperti ini akan dikerjakan sepanjang 95 kilometer mulai 2020 mendatang di Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said, Jalan Cassablanca, Jalan KH Hasyim Ashari dan Jalan Pramuka dengan total anggaran sekitar Rp 349 miliar.

"Complete street itu adalah pembagian ruas jalan secara lengkap. Trotoarnya itu dibagi lagi. Ada untuk pejalan kaki, sepeda, main hall utilitas, bangku taman, lampu dan area hijau," tandasnya.

TOP