Disdik DKI Bakal Rampungkan Strategi Pengembangan PAUD

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 29 November 2019 15:39 WIB | Dibaca 321 kali
Disdik DKI Bakal Rampungkan Strategi Pengembangan PAUD  (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tengah menyusun perencanaan strategi (roadmap) peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini (PAD) di Ibukota. Ditargetkan, penyusunan roadmap PAUD tersebut rampung Desember nanti.

" Roadmap itu akan memperlihatkan kebutuhan pendirian PAUD maupun peningkatan yang sudah ada"

Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Junaedi menjelaskan, roadmap ini mengacu dari hasil pendataan keberadaan, fasilitas serta kemampuan sumber daya manusia (SDM) PAUD di Jakarta.  

"Roadmap itu akan memperlihatkan kebutuhan pendirian PAUD maupun peningkatan yang sudah ada," katanya, Jumat (29/11).

Dijelaskan Junaedi, roadmap akan memetakan PAUD mana yang membutuhkan peningkatan prasarana dan sarana serta kualitas SDM pengajar.

"Sejauh ini pendataan sudah mencakup 4.532 PAUD di lima kota dan satu kabupaten," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menerima data lebih dari 1.500 PAUD yang berada di bawah pembinaan Kementerian Agama. Kesemua data itu akan dirangkum menjadi sebuah roadmap peningkatan kualitas pendidikan anak dini di DKI Jakarta.

Dilanjutkan Junaedi, rencana peningkatan kualitas dan pembangunan PAUD baru nantinya akan melibatkan berbagai stakeholder terkait dan swasta. Dicontohkannya, sejumlah perusahaan yang memiliki yayasan untuk menyalurkan CSR mereka atau lembaga sosial yang selama ini konsern peningkatan pendidikan akan dilibatkan.

"Kita coba bangun kolaborasi dalam roadmap. Target kita dalam sebulan ini roadmap sudah rampung," tandasnya.

TOP