Pembangunan Rumah Pompa BGR Dipastikan Rampung Desember

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 21 November 2019 13:16 WIB | Dibaca 1295 kali
Pembangunan Rumah Pompa BGR Dipastikan Rampung Desember (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Progres pembangunan rumah pompa di Kali BGR Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, sudah mencapai 90 persen. Dipastikan, pembangunan rampung Desember mendatang.

" Progressnya sudah sekitar 90 persen. Pompa sedang kita ujicobakan"

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana mengatakan, Rumah Pompa BGR dilengkapi dua unit pompa stationer berkekuatan 2.000 liter per detik dan dua pompa lumpur berkekuatan 250 liter per detik. Saat ini, kedua pompa air dan dua pompa lumpur sudah terpasang.

"Progresnya sudah sekitar 90 persen. Pompa sedang kita ujicobakan," katanya, Kamis (21/11).

Dijelaskan Adrian, pengerjaan pembangunan rumah pompa juga meliputi pendalaman long storage (kolam penampungan) dan pembangunan ulang dua jembatan di Jl Bukit Gading Raya. Hingga akhir November ini satu dari dua jembatan sudah rampung dikerjakan.

Kedua jembatan dibangun menggunakan material enam buah box culvert masing-masing berukuran 2,5 meter. Nantinya, tiga boks tersebut akan ditumpuk dua dan dibagian atasnya ditambah cor serta dilengkapi pedestrian berikut railing.

Pembangunan rumah pompa bertujuan mengatasi genangan di kawasan Jl Bukit Gading Raya, Boulevard Barat dan Jl Raya Gading Kirana. Nantinya, rumah pompa akan mengalirkan air dari Kali BGR ke Kali Sunter.

"Sesuai target, Desember nanti langsung bisa dioperasionalkan," tandasnya.

TOP