Sosialisasi Sekolah Pantai Diadakan di Pulau Pramuka

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 12 November 2019 16:32 WIB | Dibaca 445 kali
Sosialisasi Sekolah Pantai Diadakan di Pulau Pramuka (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melakukan sosialisasi sekolah pantai di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara.

" Kami harap kegiatan serupa bisa digelar di sekolah-sekolah di pulau permukiman lainnya,"

Sosialisasi yang dilakukan dalam program gerakan cinta laut tersebut diikuti seluruh siswa di sekolah SMA Negeri 69 Jakarta, Pulau Pramuka.

Camat Kepulauan Seribu Utara, Ismail menuturkan, pihaknya berterima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang telah mengajak siswa untuk meningkatkan pelestarian dan kepedulian terhadap pesisir Kepulauan Seribu.

"Kami harap kegiatan serupa bisa digelar di sekolah-sekolah di pulau permukiman lainnya," ujar Ismail, Selasa (12/11).

Kepala Seksi Bangunan Laut, Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Firman Ibnusina menjelaskan, melalui sosialisasi sekolah pantai, harapannya siswa-siswi SMA Negeri 69 Jakarta bisa menjadi agen perubahan dan berbagai pengetahuan kepada yang lain.

Menurutnya, materi yang diajarkan berupa cara mengatasi persoalan sampah plastik, restorasi karang dan penanaman mangrove melalui konsep 4A: Amati, Analisa, Ajarkan dan Aksi. Ini merupakan proses pembelajaran bagi siswa agar mampu melakukan pengamatan dan analisa terhadap lingkungan pesisir dan sekitarnya.

"Siswa harus peduli apa yang ada di sekitar lingkungan termasuk bagaimana memperlakukan sampah, agar pencemaran tidak terjadi sehingga masa depan pulau jadi lebih baik," tandasnya.

TOP