Ayo Saksikan Pertunjukan Seni Berskala Internasional di Monas

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 12 November 2019 11:26 WIB | Dibaca 1198 kali
Ayo Saksikan Pertunjukan Seni Berskala Internasional di Monas (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta akan menggelar Jakarta International Performing Arts (JakIPA) di Plaza Monas Timur, Gambir, Jakarta Pusat, pada 16 dan 17 November 2019.

" Melibatkan komunitas pelaku dan penampil seni"

JakIPA menjadi salah satu ajang hiburan bagi masyarakat Jakarta, sekaligus wujud apresiasi bagi para pelaku seni dan budaya, dari tradisional hingga kontemporer.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Alberto Ali mengatakan, JakIPA adalah pertunjukan seni yang mengambil unsur mainstream seperti, teater, tari, musik, film, opera, magis, spoken word, sirkus, dan resitasi.

"Kami melibatkan komunitas pelaku dan penampil seni bukan hanya dari nusantara, tapi juga negara-negara yang menjalin hubungan Sister City dengan Jakarta. Termasuk, performer lain bakal diundang untuk tampil bahkan berkolaborasi dengan para artis Jakarta," ujarnya, Selasa (12/11).

Menurutnya, kota-kota dari berbagai negara yang ikut berpartisiapasi diantaranya, Berlin (Jerman), Budapest (Hungaria), Beijing (Tiongkok), dan Moscow (Rusia).

"Acara perdana ini syarat penampilan seni dan budaya. Tidak hanya menampilkan artis dari luar negeri, perfomer, pelaku seni, dan seniman Betawi juga turut serta ditampilkan untuk menghibur warga," terangnya.

Alberto menjelaskan, sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, Jakarta sudah selayaknya memiliki pertunjukan seni dan budaya berkelas dunia sebagai apresiasi bagi para seniman. Untuk itu, JakIPA diselenggarakan sebagai alternatif hiburan warga Jakarta dan memberikan ruang bagi para seniman untuk menunjukan ekspresi dan atraksi seni.

"JakIPA bukan hanya sebagai ajang pertunjukan budaya, namun juga

sebagai momen pertukaran budaya. Hal ini sejalan dengan keinginan Pemprov DKI Jakarta agar Jakarta bisa menjadi kota yang tidak lupa akan seni dan budaya," ungkapnya.

Ia menambahkan, JakIPA bakal mengukuhkan eksistensi Jakarta sebagai kota metropolitan yang merupakan titik pertemuan dari semua kebudayaan yang ada di Indonesia.

"Kami berharap tercipta mutual cultural understanding dan JakIPA menjadi acara rutin dan ikonik dalam Pop Culture Jakarta dan nama Jakarta akan lebih mendunia," tandasnya.

Untuk diketahui, penampil atau performer dalam ajang JakIPA yakni, D’Jakfaro Entertainment, Sanggar Budaya Katulistiwa, Sanggar Margasari, Sanggar Sinar Betawi, Maria Calista & Trias Floe Band, Calvin Jeremy & Trias Floe Band, Dazzling Modern Dance Group, Barongsai Kong Ha Hong, TRIsakti Bartending Group dan lain-lain.

Kemudian, untuk performer dari luar negeri seperti, State School of Artistic Berlin, Erika Kertesz (Budapest), dan Moscow Dance Ensemble Junost.

TOP