Naturalisasi Turap Kali BGR Ditarget Rampung Desember

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 08 November 2019 19:06 WIB | Dibaca 285 kali
Naturalisasi Turap Kali BGR Ditarget Rampung Desember (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Naturalisasi turap sisi barat Kali BGR sepanjang 700 meter di Jl Raya Gading Kirana, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, yang dikerjakan akhir September lalu, ditargetkan rampung pertengahan Desember nanti.

"Pengerjaan sudah dilaksanakan sejak akhir September lalu, "

Kepala Seksi Pembangunan Sumber Daya Air Jakarta Utara, Erickson Indra P mengatakan, selain pembangunan turap baru pihaknya juga menambahkan tanggul dengan tinggi bervariasi antara 10-40 sentimeter,

"Pengerjaan sudah dilaksanakan sejak akhir September lalu. Naturalisasi tetap berbasis pada konsep pengendalian banjir," katanya, Jumat (8/11).

Dijelaskan Erickson, selama ini kawasan sekitar Kali BGR kerap tergenang saat puncak musim hujan. Karena itu ketinggian tanggul sudah memperhitungkan tingkat elevasi dan potensi limpasan air yang sebelum ini kerap terjadi saat puncak musim hujan.

Tidak hanya bagian turap dan tanggul, konsep naturalisasi juga menyentuh pelebaran trotoar dari eksisting 3-4 meter akan ditambahkan satu meter. Di bagian bawah sepanjang trotoar itu nantinya akan dibangun saluran selebar satu meter yang juga berfungsi menyerap air.

Melengkapi konsep naturalisasi, nantinya akan dibangun floating deck di dua lokasi sebagai third place bagi warga yang ingin menikmati suasana kawasan tersebut. Masing-masing floating deck akan menjorok tiga meter ke badan kali dengan panjang sekitar 25 meter.

"Bentuknya tidak kotak, tapi ada kontur dibentuk sesuai tema. Target kita rampung pertengahan Desember," tandasnya.

TOP