Wakil Bupati kepulauan Seribu Hadiri Syukuran Laut di Pulau Sebira

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 29 Oktober 2019 17:22 WIB | Dibaca 345 kali
Wakil Bupati kepulauan Seribu Hadiri Syukuran Laut di Pulau Sebira (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Wakil Bupati kepulauan Seribu, Junaedi beserta jajarannya hari ini menghadiri tasyakuran laut dan hasil bumi yang digelar oleh warga Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara.

" Harapannya syukuran laut ini tak hanya sebagai upacara adat tetapi bisa menjadi daya tarik wisatawan karena kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan,"

Tokoh masyarakat sekaligus Ketua RW 03 Pulau Sebira, Muhammad Ali mengatakan, tasyakuran hasil laut dan bumi digelar sebagai ungkapan sujud syukur atas melimpahnya hasil laut yang didapat warga.

"Harapannya syukuran laut ini tak hanya sebagai upacara adat tetapi bisa menjadi daya tarik wisatawan karena kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan," katanya, Selasa (29/10).

Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi menambahkan, pihaknya mengapresiasi warga Pulau Sebira yang terus merawat dan menjaga nilai-nilai kearifan lokal melalui syukuran laut yang digelar setiap tahunnya.

Dalam acara tasyakuran laut dan bumi ini, warga Pulau Sebira melakukan upacara adat sedekah bumi dengan memasak dan makan bersama hasil laut, doa bersama, pawai kapal nelayan yang dihias berwarna-warni.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan pertunjukan seni budaya karya siswa-siswi Pulau Sebira binaan dari Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu.

"Selain menjadi tradisi, kegiatan seperti ini bisa menjadi ciri khas pulau dan menjadi nilai budaya yang bisa ditawarkan sebagai destinasi wisata," tandasnya.

TOP