130 Anggota Gerakan Pramuka Diedukasi Pencegahan Kebakaran di Pulau Karya

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Senin, 28 Oktober 2019 11:13 WIB | Dibaca 316 kali
130 Anggota Gerakan Pramuka Diedukasi Pencegahan Kebakaran di Pulau Karya (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Sebanyak 130 anggota gerakan Pramuka diedukasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu di Pulau Karya, Kepulauan Serubu Utara.

"Dalam kegiatan ini para peserta kami berikan materi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran secara teori dan praktek "

Kepala Sektor VII Kepulauan Seribu Utara, Suku Dinas Gulkarmat Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Nugroho Dwi Utomo mengatakan, peserta merupakan anggota gerakan Pramuka yang sedang melakukan rangkaian kegiatan Youth Social Expedition ke Pulau Pramuka dan Pulau Karya, Kepulauan Seribu Utara.

"Dalam kegiatan ini para peserta kami berikan materi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran secara teori dan praktek," ujarnya, Senin (28/10).

Ia menambahkan, para peserta diedukasi cara mengatasi kebakaran dan kebocoran tabung gas dengan menggunakan alat tradisional dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Menurutnya, dengan pengetahuan dasar tersebut diharapkan kebakaran di lingkungan dapat diminimalisir sedini mungkin.

Syafrudin (17), salah satu peserta mengaku senang bisa mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya tidak pernah ia dapatkan di sekolah-sekolah.

"Senang bisa dapat pengetahuan baru dan langsung praktek, semoga ilmunya bermanfaat," tandasnya.

TOP