Dinas KPKP Distribusikan Bantuan Rak Hidroponik

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 25 Oktober 2019 13:33 WIB | Dibaca 904 kali
Dinas KPKP Distribusikan Bantuan Rak Hidroponik (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta mendistribusikan bantuan 509 rak hidroponik bagi mereka yang ingin menjadi penggiat pertanian perkotaan atau urban farming.

"Kami ingin memberdayakan karang taruna, "

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan, sebanyak 200 rak hidroponik sudah selesai didistribusikan untuk karang taruna. Mereka sudah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tentang pertanian perkotaan beberapa waktu lalu.

"Kami ingin memberdayakan karang taruna untuk membuat Jakarta semakin hijau. Selain itu, hasil dari bercocok tanam ini akan sangat bermanfaat untuk mereka, keluarga, dan lingkungannya," ujarnya, Jumat (25/10).

Menurutnya, bantuan rak hidroponik bagi karang taruna sudah selesai didistribusikan. Setelah mendapatkan bantuan, mereka langsung memulai proses tanam.

"Kami memprediksi mulai November mendatang, sayur-mayur yang ditanam sudah bisa dipanen," terangnya.

Darjamuni menjelaskan, selain bagi Karang Taruna, tahun ini pihaknya juga memberikan bantuan rak hidroponik kader-kader PKK. Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat untuk mengembangkan pertanian perkotaan sebagi bagian dari upaya mewujudkan ketahanan pangan di Ibukota.

"Untuk kader PKK kami menyiapkan bantuan sebanyak 300 rak hidroponik, pendistribusian kami targetkan rampung paling lambat Desember mendatang. Sedangkan, untuk sembilan rak hidroponik lainnya kami peruntukan bagi pemohon lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas KPKP yang juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menambahkan, selain rak hidroponik, bantuan yang diberikan juga meliputi benih hingga perlengkapan pendukung lainnya.

"Tidak kalah penting, kami terus melakukan pendampingan agar panen yang dihasilkan dapat maksimal," tandasnya.

TOP