KPID DKI Dorong Lembaga Penyiaran Tayangkan Konten Lokal

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Kamis, 24 Oktober 2019 16:41 WIB | Dibaca 565 kali
KPID DKI Dorong Lembaga Penyiaran Tayangkan Konten Lokal (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI Jakarta menggelar seminar nasional penyiaran dengan tema 'Nasib Konten Lokal Jakarta di Layar Kaca' di salah satu hotel di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.

" Saya yakin kalau ini betul-betul dieksplor secara maksimal akan menjadi sesuatu yang sangat positif"

Pada acara itu, Ketua KPID DKI Jakarta, Kawiyan menyampaikan, KPID DKI merupakan lembaga negara independen yang bertugas mengawasi penyiaran dan menjaga konten siaran. Oleh karena itu, pihaknya berkepentingan untuk mendorong lembaga penyiaran di Ibukota menaikan porsi konten lokal dalam tayangan mereka.

"Apalagi KPI Pusat sudah mensyaratkan lembaga penyiaran yang ingin mengajukan izin baru maupun perpanjangan baru harus sudah membuat konten lokal sebesar 10 persen dari total konten tayangan yang ditampilkan," ujarnya di lokasi, Kamis (24/10).

Kawiyan menegaskan, ke depan, pihaknya akan terus memantau dan mengevaluasi penyajian konten lokal di lembaga-lembaga penyiaran. Pihaknya juga akan mengajak lembaga penyiaran duduk bersama merumuskan porsi 10 persen konten lokal dalam tayangan televisi, termasuk kriteria dan batasan konten-konten lokalnya.

"Saya yakin kalau ini betul-betul dieksplorasi secara maksimal akan menjadi sesuatu yang sangat positif. Bukan hanya untuk DKI, tetapi lembaga penyiaran itu sendiri," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik menganggap seminar yang diadakan KPID DKI Jakarta ini sebagai kegiatan positif. Khususnya bagi lembaga penyiaran yang ada di Ibukota.

"Acara ini bagus karena mengingatkan kepada para pengelola media televisi untuk tidak lupa memperhatikan konten lokal," tandasnya.

TOP