Lahan Kosong di Kembangan Dimanfaatkan Jadi Taman Sepeda

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Andry | Kamis, 24 Oktober 2019 11:47 WIB | Dibaca 1494 kali
Lahan Kosong di Kembangan Dimanfaatkan Jadi Taman Sepeda (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat memanfaatkan lahan kosong di Jalan Intan Blok F6, Meruya Utara, atau tepat di belakang Kantor Kecamatan Kembangan menjadi taman sepeda (bicycle park).

"Warga menyambut baik dan antusias, "

Sebelumnya, lahan seluas sekitar 400 meter persegi tersebut dijadikan tempat parkir dan pembuangan puing bangunan. Kemudian pihak kecamatan bersama warga memanfaatkan lahan milik Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta ini.

Camat Kembangan, Joko Mulyono mengatakan, ide pembuatan taman sepeda ini dari hasil keputusan bersama antara komunitas sepeda dan warga. Selain itu, anak-anak di wilayah sekitar juga tidak mempunyai sarana memadai untuk bersepeda.

"Warga menyambut baik dan antusias. Jadi anak-anak atau warga tidak perlu ke luar kompleks untuk bersepeda. Pengerjaannya mulai pertengahan Oktober. Saat ini progresnya sudah sekitar 40 persen," katanya, Kamis (24/10).

Ia menjelaskan, di area taman sepeda ini, jalur sepeda yang dibangun sepanjang 700 meter dibagi untuk pemula dan profesional. Tidak hanya itu, di dalam area tersebut juga dilengkapi tempat parkir sepeda yang bisa menampung 20 unit sepeda dan kolam produktif berisi ikan mujair yang bisa dipanen warga.

Menurut Joko, taman sepeda ini dibangun dari dana swadaya masyarakat dan Corporate Social Responsibilty (CSR). Proses pembangunnya pun melibatkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) dari Suku Dinas Bina Marga dan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat.

"Jadi misalkan ada sisa kanstin, aspal dimanfaatkan di sini. Petugas mulai mengerjakan usai piket atau dinas," tandasnya.

TOP