FKDM Siap Dukung Terjaganya Suasana Kondusif Jakarta

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 18 Oktober 2019 17:18 WIB | Dibaca 508 kali
FKDM Siap Dukung Terjaganya Suasana Kondusif Jakarta (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta siap terus mendukung suasana di DKI Jakarta agar selalu kondusif.

"K ami siap membantu Pak Gubernur "

Ketua FKDM, Rico Sinaga mengatakan, pihaknya memiliki fungsi utama untuk deteksi dini dan cegah dini.

"Suasana kondusif di Jakarta perlu terus dijaga agar kegiatan-kegiatan, termasuk yang berskala nasional maupun kenegaraan juga bisa berlangsung dengan lancar," ujarnya, di kantor FKDM, Jalan Letjen Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat, (18/10).

Rico menegaskan, jajaran FKDM baik di tingkat provinsi hingga kelurahan yang berjumlah 3.870 orang akan melakukan optimalisasi sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) FKDM.

"Anggota FKDM adalah tokoh-tokoh masyarakat. Artinya, anggota FKDM juga memiliki jaringan yang luas," terangnya.

Menurutnya, sebagai Ketua FKDM dirinya juga secara intens melakukan koordinasi dan komunikasi dengan lintas tokoh untuk memastikan Jakarta dalam suasana kondusif.

"Sesuai keinginan dan harapan Pak Gubernur, kami siap untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan prosesi pelatikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024," ungkapnya.

Ia menambahkan, FKDM DKI Jakarta juga terus membangun sinergisitas dengan pihak kepolisian yang menjalankan fungsi utama pengamanan.

"Prinsipnya, kami siap membantu Pak Gubernur yang terus berkomitmen agar Jakarta bisa terus dalam suasana kondusif," kata Rico.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Kamis (17/10) menyampaikan untuk mendukung kelancaran prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Pemprov DKI Jakarta turut mengerahkan personel Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan, hingga mobil toilet.

"Kami membantu yang menjadi kebutuhan pihak kepolisian sesuai disampaikan dalam surat resmi," ucapnya.

Persiapan tersebut, sambung Anies, dilakukan bersama unsur Polri dan TNI sejak bulan lalu, termasuk soal rute maupun keamanan.

"Alhamdulillah persiapan dari sisi kami di Pemprov DKI Jakarta sudah berjalan sejak bulan lalu. Jadi rapat-rapat koordinasi untuk rute, untuk persiapan keamanan," tandasnya.

TOP