Transjakarta Siapkan 10 Tempat Parkir Sepeda Dekat Halte Bus

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Budhy Tristanto | Minggu, 13 Oktober 2019 11:18 WIB | Dibaca 2927 kali
Transjakarta Siapkan 10 Tempat Parkir Sepeda Dekat Halte Bus (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

PT Transjakarta bakal menyiapkan 10 tempat parkir sepeda di dekat halte bus. 

"Lokasinya berada dan berhubungan dengan jalur 1, 2 dan 3 yang telah disiapkan marka jalur sepedanya oleh Pemprov DKI, "

Langkah ini sebagai salah satu upaya mendorong masyarakat untuk menggunakan sepeda sekaligus menurunkan tingkat emisi dan kemacetan di Ibukota. 

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan survei untuk 10 lokasi tempat parkir sepeda tersebut. 

"Lokasinya berada dan berhubungan dengan jalur 1, 2 dan 3 yang telah disiapkan marka jalur sepedanya oleh Pemprov DKI," ujarnya, Minggu (13/10). 

Selain tempat parkir sepeda, lanjut Nadia, pihaknya juga sedang mendesain tempat untuk sepeda di dalam bus, tanpa mengurangi aspek kenyamanan penumpang. 

"Kami sedang pilihkan lokasi terbaik yang memudahkan pengguna sepeda tetap dapat menggunakan transportasi umum dengan membawa sepeda kesukaan dan kesayanganya", katanya

Dia menambahkan, pihaknya saat ini sedang mempelajari  berbagai tinjauan desain untuk memastikan penempatan rak sepeda dalam bus yang tidak menghalangi dan mengganggu pandangan pramudi, serta tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang serta pengendara lain di jalan raya.

Sementara, untuk rencana pemprov DKI mengadakan bike sharing, ungkap Nadia, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan instansi terkait dan siap untuk menjalankan konsep tersebut.

"intinya kami dukung program pemerintah tersebut", tandasnya.

TOP