Kolaborasi Warga Rancang Pembangunan IPAL Komunal Kampung Sekretaris

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Sabtu, 05 Oktober 2019 14:05 WIB | Dibaca 688 kali
Kolaborasi Warga Rancang Pembangunan IPAL Komunal Kampung Sekretaris (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Warga RT 15/07 Kelurahan Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, bersama organisasi Abdi Rakyat, merancang pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di wilayah mereka.  

"Warga bersama Abdi Rakyat sudah merancang bersama pembangunannya. Rencana ini pun sudah didukung oleh pemerintah "

Rencananya, pembangunan IPAL di kawasan yang dikenal sebagai Kampung Sekretaris itu akan dimasukkan dalam program penataan kampung, Comunity Action Plan (CAP).

Warga RT 15/07 Tanjung Duren, Andi Nurcahyadi mengatakan, selama ini mereka menyalurkan air limbah buang ke saluran air selebar dua meter. Karena itu, keberadaan IPAL komunal merupakan salah satu prioritas dalam penataan lingkungan mereka.

"Warga bersama Abdi Rakyat sudah merancang bersama pembangunannya. Rencana ini pun sudah didukung oleh pemerintah," ujarnya, Sabtu (5/10).

Andi optimis, kolaborasi pembangunan fasilitas yang dibutuhkan warga ini bisa terealisasi. Apalagi, hasil musyawarah bersama itu akan dimasukkan dalam CAP dan didukung oleh jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sekretaris Jendral Abdi Rakyat, M Setio Ajiono menegaskan, kolaborasi yang merancang pembangunan IPAL tersebut sesuai Keputusan Gubernur nomor 878 tentang gugus tugas pelaksanaan penataan kampung.

Pihaknya bersama warga sudah berkordinasi dengan jajaran Pemerintah Kota Jakarta Barat, camat, lurah serta Sudin terkait seperti Suku Dinas Sumber Daya Air dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat.

"Secara teknis tengah dirumuskan sumber pendanaannya. Mana yang terbaik dan tercepat tengah kita kaji," tandasnya.

TOP