Siswa dan Guru di Pulau Tidung Diedukasi Sekolah Aman Bencana

Reporter : Suparni | Editor : Erikyanri Maulana | Jumat, 04 Oktober 2019 11:25 WIB | Dibaca 439 kali
Siswa dan Guru di Pulau Tidung Diedukasi Sekolah Aman Bencana (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyosialisasikan sekolah aman bencana gempa di dua sekolah di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

" Kita jelaskan cara mengevakuasi dini atau teknik berlindung saat terjadi gempa bumi,"

Kedua sekolah itu yakni, MTSn 26 Pulau Tidung dan SMPN 241 Pulau Tidung. Masing-masing sekolah mengirimkan 30 peserta yang terdiri dari para siswa dan guru.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DKI Jakarta, Joko Indro Martono mengatakan, peserta juga diajarkan tentang manajemen bencana, penanganan dini saat menghadapi bencana dan penanganan atau evakuasi korban.

"Kita jelaskan cara mengevakuasi dini atau teknik berlindung saat terjadi gempa bumi dan tanda-tanda terjadinya tsunami," ujar Joko Indro, Jumat (4/10).

Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad yang turut hadir dalam sosialisasi tersebut mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada BPBD DKI Jakarta yang telah memberikan sosialisasi sekolah aman bencana gempa.

"Terima kasih kepada BPBD DKI yang telah menyiapkan sekolah dan warga di Kepulauan Seribu lebih siagap dan tanggap bencana," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, BPBD DKI Jakarta juga memberikan bantuan kepada masing-masing sekolah berupa satu tas berisi paket kesehatan dan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada korban saat terjadi bencana gempa. Bantuan tersebut di antaranya berupa seperangkat alat life jacket, tambang dan toa untuk evakuasi warga.

TOP