Pemprov DKI Gencarkan Pembangunan Jalur Sepeda

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Senin, 23 September 2019 14:27 WIB | Dibaca 828 kali
Pemprov DKI Gencarkan Pembangunan Jalur Sepeda (Foto : / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah menggencarkan pembangunan jalur sepeda. Fasilitas tersebut disediakan sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara dan volume kendaraan.

" Pengurangan polusi udara di Jakarta kita lakukan dengan mengefektifkan kegiatan bersepeda,"

Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Lingkungan Hidup, Oswar Muadzin Mungkasa mengatakan, sepeda merupakan salah satu alat transportasi paling murah. Selain itu, penggunaaan sepeda dinilai paling efektif untuk mengurangi polusi udara di Jakarta.

"Pengurangan polusi udara di Jakarta kita lakukan dengan mengefektifkan kegiatan bersepeda. Karena sepeda merupakan alat transportasi murah," ujarnya di Balai Kota DKI, Senin (23/9).

Oswar mengungkapkan, saat ini Pemprov DKI tengah membangun jalur sepeda sepanjang 500 kilometer di berbagai wilayah Ibukota. Terutama di kawasan yang diberlakukan ganjil genap.

"Ke depannya kita berencana memasang pembatas jalan di jalur sepeda dengan menggunakan marka," katanya.

Ia menambahkan, saat ini pembangunan jalur sepeda sepanjang 500 kilometer dikerjakan bertahap. Tahap pertama, jalur sepeda dibangun tiga fase sepanjang 63 kilometer dengan rincian fase pertama 25 kilometer, fase kedua 23 kilometer dan fase ketiga 15 kilometer.

"Jalur sepeda tahap pertama itu kita targetkan selesai pertengahan November tahun ini. Karena itu saat ini kita kebut pembangunannya," tandasnya.

Sekadar diketahui, jalur sepeda yang sedang dikebut pengerjaannya oleh Pemprov DKI Jakarta untuk fase pertama meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka dan Jalan Pemuda.

Fase kedua di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisingamangara dan Jalan RS Fatmawati Raya. Kemudian fase ketiga meliputi Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat dan Jalan Jatinegara Timur.

TOP