Kader Dasa Wisma Pulau Tidung Diedukasi Penanggulangan Kebakaran

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Senin, 16 September 2019 15:53 WIB | Dibaca 300 kali
Kader Dasa Wisma Pulau Tidung Diedukasi Penanggulangan Kebakaran (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Sebanyak 20 kader Dasa Wisma Kelurahan Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan diedukasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran oleh personel Suku Dinas Gulkarmat Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu di RPTRA Tidung Ceria.

"Kegiatan ini untuk menambah kemampuan dan pengetahuan kader Dasa Wisma terkait penanggulangan kebakaran secara dini dan cara menggunakan aplikasi Carik Jakarta, "

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Satriadi Gunawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 65 Tahun 2019 Tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran dan cara menggunakan aplikasi Carik Jakarta.

"Kegiatan ini untuk menambah kemampuan dan pengetahuan kader Dasa Wisma terkait penanggulangan kebakaran secara dini dan cara menggunakan aplikasi Carik Jakarta," ujarnya, Senin (16/9).

Menurutnya, kedepan para kader Dasa Wisma ini akan mengunjungi rumah warga untuk memeriksa apakah rumah atau lingkungan tersebut rawan kebakaran, dengan cara memeriksa tabung gas, ventilasi serta perlengkapan listrik lainnya.

"Jika rumah warga tersebut rawan atau pun aman dari bahaya kebakaran, maka petugas akan menempelkan stiker penanda bahwa lokasi tersebut rawan kebakaran atau aman," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan, Cecep Suryadi menambahkan, pihaknya mengapresiasi para petugas Gulkarmat yang telah berbagi ilmu kepada kader Dasa Wisma dan melakukan pendampingan langsung.

"Didampingi petugas Gulkarmat, Kader Dasa Wisma melakukan pendataan dan pengecekan dari rumah-kerumah," tandasnya.

TOP