PKBM Negeri 06 Meruya Utara Buka Pendidikan Montir Motor

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 12 September 2019 19:59 WIB | Dibaca 359 kali
PKBM Negeri 06 Meruya Utara Buka Pendidikan Montir Motor   (Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi, menghadiri launching pendidikan montir motor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Negeri 06, Meruya Utara, Kamis (12/9).

"Kegiatan ini perlu disinergikan dengan instansi terkait di antaranya Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam penyaluran tenaga kerja, "

Dikatakan Rustam, dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing di masa mendatang, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan yang tuntas dan berkualitas. Salah satunya, melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

"Saingan kita bukan hanya lokal area, tapi ke depan persaingan dengan negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. Karena itu, SDM yang unggul harus dipersiapkan dari sekarang," ujarnya.

Rustam mengapresiasi kegiatan vokasional di PKBM Negeri 06 Meruya Utara, yang menurutnya tidak sekadar menyelenggarakan pendidikan serta mencetak ijazah, tapi juga membekali siswanya dengan keterampilan montir sepeda motor.

"Kegiatan ini perlu disinergikan dengan instansi terkait di antaranya Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam penyaluran tenaga kerja. Serta lurah dan camat berperan mensosialisasikan terkait program belajar disertai keterampilan di PKBM Negeri 06 Meruya Utara," katanya.

Kepala Suku Dinas  Pendidikan II Jakarta Barat, Uripasih menjelaskan, kegiatan keterampilan ini digelar dilatarbelakangi rendahnya kompetensi peserta yang lulus mengikuti program pendidikan Paket C.

"Saat peserta lulus dari Paket C, mereka tidak bekerja karena minim bekal keterampilan," tandasnya.

TOP