P3D Disnakertrans DKI Bantu UKM Semakin Berkembang

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 11 September 2019 18:30 WIB | Dibaca 419 kali
P3D Disnakertrans DKI Bantu UKM Semakin Berkembang (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Pusat Pengembangan Produktivitas Daerah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P3D Disnakertrans) DKI Jakarta di Jalan Haji Naman, Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, terus berkomitmen untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar semakin berkembang dan maju.

"Tenaga kerja terserap semakin banyak"

Pelaksana Harian (Plh) P3D Disnakertrans DKI Jakarta, Ahmad Sotar Harahap mengatakan, pelaku UKM di Jakarta, termasuk mereka yang sudah mengikuti Pengembangan Kewirausahaan Terpadu perlu terus dibina agar bisa naik kelas.

"Kalau usaha mereka semakin berkembang, tentu tenaga kerja yang bisa terserap juga semakin banyak," ujarnya, Rabu (10/9).

Sotar menjelaskan, untuk pelatihan Kewirausahaan tahun ini dilakukan untuk 20 angkatan dengan jumlah per angkatan mencapai 25 peserta.

"Pelaku usaha yang kami berikan pelatihan sangat beragam mulai dari katering, kue basah, kue kering, tata rias, menjahit, steam motor, servis pendingin ruangan atau AC, servis motor, minuman, hingga fesyen dan kerjinan," terangnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Kewirausahaan, warga Jalan Rawa Tengah, RT 10/05, Galur, Johar Baru, Anggi Sumarningsih menuturkan, dirinya merasa sanggat terbantu dengan adanya pelatihan di P3D Disnakertrans DKI Jakarta.

"Usaha saya sudah berjalan, tapi saya ingin usaha yang saya geluti di bidang fashion and craft semakin berkembang dan maju. Untuk usaha kerajinan saya membuat tempat tisu hingga bros," ungkapnya.

Menurutnya, salah satu materi pelatihan yang sangat penting adalah berkaitan dengan manajemen keuangan, serta strategi pemasaran. 

"Banyak sekali manfaat yang bisa saya dapat dari pelatihan di sini," tandasnya.

TOP