Disdik DKI Luncurkan Sistem Kelola Pengaduan Terintegrasi Masyarakat

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Senin, 09 September 2019 16:07 WIB | Dibaca 852 kali
Disdik DKI Luncurkan Sistem Kelola Pengaduan Terintegrasi Masyarakat (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta meluncurkan sistem kelola pengaduan terintegrasi masyarakat (Sikeladimas) berbasis website di Aula Gedung Unit Pengelola Teknis Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (UPT P4OP), Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Aplikasi i ni merupakan terobosan baru dalam layanan masyarakat terkait pengaduan KJP secara digital, cepat dan akurat,"

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ratiyono mengatakan, layanan ini untuk menampung aspirasi masyarakat khususnya pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat langsung melaporkan atau mengadukan keluhan yang dialaminya terkait KJP dan setiap aduan tersebut dimonitor langsung oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. 

"Ini merupakan terobosan baru dalam layanan masyarakat terkait pengaduan KJP secara digital, cepat dan akurat," ujar Ratiyono, Senin (9/9).

Sementara, Kepala UPT P4OP Dinas Pendidikan DKI, Nahdiana menambahkan, ide awal dibentuknya aplikasi ini karena masyarakat yang datang mengadu setiap harinya bisa mencapai 200 orang. Kemudian pengelolaan pengaduan KJP plus masih dilakukan secara manual dan belum terintegrasi. 

"Berangkat dari kondisi itu kita kemudian membuat sistem kelola pengaduan terintegrasi masyarakat agar pengaduan soal KJP plus bisa dilakukan secara online," jelasnya. 

Menurutnya, layanan pengaduan Sikeladimas bisa dibuka melalui website, kjpdevelopment.jakarta.go.id. Layanan tersebut memiliki empat lingkup aduan yang dilayani yakni, pengaduan koreksi data KJP, pengaduan rekening, pelayanan pendebetan SPP bagi sekolah swasta dan pengaduan lain. 

"Dengan demikian masyarakat bisa mendapatkan kepastian waktu pelayanan serta bisa memonitor langsung proses penanganan aduannya dan pastinya proses aduan lebih cepat," tandasnya.

TOP