Pasangan Suami Istri Ini Bersyukur Terima Unit di Klapa Village

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Sabtu, 31 Agustus 2019 20:07 WIB | Dibaca 286 kali
Pasangan Suami Istri Ini Bersyukur Terima Unit di Klapa Village (Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Firman dan Tiana, pasangan penyandang disabilitas warga RT 03/01 Kelurahan Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, seolah tak percaya mendapat kesempatan memiliki rumah melalui program Solusi Perumahan Warga (Samawa) DP 0 Rupiah di Klapa Village, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.  

" Pokoknya nggak nyangka, dapat rumah di sini seperti mimpi,"

Menurut Firman, dirinya seakan mimpi di siang bolong ketika mendapat panggilan untuk mengikuti undian dari pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta.

Berdasar kriteria yang ditentukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, keduanya mendapat hunian unit tipe 24 dengan fasilitas satu kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu dan balkon untuk menjemur pakaian. Hingga 15 tahun ke depan, setiap bulan mereka akan mencicil sekitar Rp 1,6 juta.

"Saya sama istri sangat senang sekali. Ini bisa menerima, bagaikan mimpi," ujar Firman, Sabtu (31/8).

Dijelaskan aktivis organisasi tuna netra itu, selama ini mereka hidup menumpang di rumah orang tuanya. Sebelum mengetahui program Samawa, pasangan yang telah menikah selama sekitar 10 tahun itu tengah mencari rumah untuk dihuni.

Setelah memutus tinggal di rumah susun, keduanya datang ke DPRKP DKI Jakarta di tahun 2018 untuk mendapat hunian di Rusun Cipinang. Namun nasib, kondisi rusun sudah penuh dan keduanya ditawari mengikuti program Samawa untuk mendapat hunian di Klala Village.

Tidak berlama-lama menimbang, keduanya sepakat mendaftarkan diri untuk mendapat unit hunian Samawa di Klapa Village di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan pada November 2018 silam. Apalagi, lokasi Klapa Village dinilainya tidak jauh lokasi kerja Tiana sebagai guru SLB salah satu sekolah di Jl Teluk Betung Raya, Pondok Bambu.

Nantinya, pasangan ini akan tinggal berdua di unit 0210 yang berada lantai 2 gedung. Selama ini, mereka sudah mendengar tentang fasilitas Klapa Village yang ramah disabilitas.

"Pengelola memastikan menerima masukan kalau perlu tambahan fasilitas. Pokoknya nggak nyangka, dapat rumah di sini seperti mimpi," tandasnya.

TOP