Menengok Taman Ramah Anak di SDN Rawa Bunga 01

Reporter : Nurito | Editor : F. Ekodhanto Purba | Rabu, 21 Agustus 2019 12:30 WIB | Dibaca 580 kali
Menengok Taman Ramah Anak di SDN Rawa Bunga 01 (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Taman Ramah Anak di muka SDN Rawa Bunga 01 menjadi salah satu ruang interaksi yang diminati anak-anak di wilayah itu Jatinegara, Jakarta Timur.

" Pembuatan taman yang baru selesai bulan lalu ini merupakan hasil kolaborasi guru, siswa, komite sekolah, warga sekitar dan dibantu kelurahan"

Taman seluas 55x12 meter persegi ini banyak ditanami aneka tanaman hias dan obat keluarga serta berbagai aksesoris menarik yang terbuat dari barang bekas.

"Pembuatan taman yang baru selesai bulan lalu ini merupakan hasil kolaborasi guru, siswa, komite sekolah, warga sekitar dan dibantu kelurahan," ujar Nani Rohaeni, Kepala SDN Rawa Bunga 01, Rabu (21/8).

Dijelaskan Nani, taman ramah anak ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu taman merah putih, taman ceria, taman flower garden.

Selanjutnya taman pelangi dan taman kreasi. Masing-masing taman ini memiliki karakteristik berbeda dan seluruhnya menjadi sebuah taman ramah anak.

Misalnya, taman merah putih isinya banyak menampilkan nuansa kemerdekaan RI. Dimana di dalamnya ada patung pejuang memegang bambu runcing dan bendera merah putih. Kemudian ada taman flower garden dimana di dalamnya banyak aneka jenis tanaman hias. Seperti bougenvil, lavender dan lain-lain. 

Selain itu ada taman kreasi, dimana di dalamnya banyak aksesoris hasil kreasi murid di sekolah ini. Seperti ban bekas yang dicat hitam putih dijadikan zebra. Kemudian baskom dicat dan dijadikan kura-kura dan masih banyak aksesoris lainnya. 

"Untuk taman ceria itu singkatan dari cerdas dan ceria. Taman ini merupakan kreasi dari para siswa SDN Rawa Bunga 01," jelasnya. 

Ia menambahkan, dari seluruh taman yang ada, selalu disisipi dengan tanaman obat keluarga. Setiap hari, anak bisa belajar merawat seluruh tanaman yang ada. 

"Biasanya di taman ini, selalu ada anak yang bermain sambil berkreasi dari bahan barang bekas," tandasnya. 

TOP