HUT ke-74 RI, Pemprov DKI Siapkan 54 Paskibraka

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 14 Agustus 2019 17:04 WIB | Dibaca 1000 kali
HUT ke-74 RI, Pemprov DKI Siapkan 54 Paskibraka (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) telah menetapkan sebanyak 54 pelajar sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk pelaksanaan upacara pada 17 Agustus mendatang.

"Terpilih melalui seleksi ketat, "

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Provinsi DKI Jakarta, Makmur mengatakan, 54 pelajar tersebut terdiri dari 27 pasang. Sebanyak 26 pasang akan bertugas untuk upacara bendera di Pantai Maju, dan satu pasang lainnya akan mewakili Provinsi DKI Jakarta bertugas di Istana Negara.

"Sebanyak 54 pelajar itu terpilih melalui seleksi ketat secara berjenjang dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi," ujarnya, Rabu (14/8).

Makmur menjelaskan, pembinaan Paskibraka tingkat provinsi sudah dimulai sejak dua bulan lalu di Lapangan Eks IRTI Monas. Saat ini, sambungnya, mereka sudah masuk dalam tahap karantina di pemusatan pelatihan (training center) dan dilatih oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

"Seluruh prosedur bagi Paskibraka itu dilakukan agar mereka siap saat menjalankan tugas penting nantinya," ungkap Makmur.

Ia menambahkan, untuk pelajar yang akan mewakili DKI Jakarta dalam upacara di Istana Negara masing-masing adalah Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar dari SMA Al Izhar Pondok Labu, serta Rachel Emmanuel Miranda Putong asal SMA 1 PSKD Jakarta Pusat.

"Mereka menjalani latihan dan pembinaan di Cibubur, Jakarta Timur, sejak satu bulan sebelum HUT RI. Pelatihnya berasal dari unsur TNI dan Polri serta dipantau oleh PPI Pusat," tandasnya.

TOP