Senangnya Warga Diajak Panen Sayuran di Balkot Farm

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Andry | Rabu, 14 Agustus 2019 18:06 WIB | Dibaca 1424 kali
Senangnya Warga Diajak Panen Sayuran di Balkot Farm (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Kegembiraan terpancar dari raut wajah Ayu Siti Nurani (52) ketika diajak ikut memanen sayur mayur hasil pertanian perkotaan (urban farming) di Balkot Farm, Kompleks Balai Kota DKI Jakarta.

"Ini sangat baik dan positif, "

Kesempatan langka tersebut didapatkan warga Jalan Sukabumi, Menteng, Jakarta Pusat, saat hendak memeriksakan kesehatan di Pusat Pelayanan Kesehatan yang lokasinya bersebelahan dengan area Balkot Farm.

"Alhamdulillah senang banget ditawarkan ikut panen. Ini sangat baik dan positif," ujarnya setelah mengikuti kegiatan panen sayuran di Balkot Farm bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, Rabu (14/8).

Ia mengaku sempat tidak percaya jika sayuran yang ditanam di Balkot Farm ini bisa tumbuh dengan baik dan segar untuk dimanfaatkan. Program urban farming yang diterapkan di Balkot Fam ini dinilai suatu terobosan yang baik dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Secara tidak langsung ini juga mengajarkan orang," tuturnya.

Menurut Ayu, sayuran yang dipanen di Balkot Farm beragam. Misalnya takecai, bayam merah, tomat dan daun mint. Rencananya sayur hasil panen ini akan dikonsumsi sendiri bersama keluarganya.

"Hasil panen ini akan saya masak. Insya Allah saya akan buat seperti ini (urban farming -red) juga di rumah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfotik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania menyampaikan, segala jenis dan kegunaan tanaman di Balkot Farm bisa diketahui masyarakat dengan melakukan scan barcode yang terhubung ke alamat website balkotfarm.jakarta.go.id.

"Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat," tandasnya.

TOP