Realisasi PMDN Semester I di Jakarta Tertinggi se-Indonesia

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 08 Agustus 2019 09:00 WIB | Dibaca 392 kali
Realisasi PMDN Semester I di Jakarta Tertinggi se-Indonesia (Foto : / Beritajakarta.id)

Besaran nilai investasi melalui Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di DKI Jakarta pada semester I 2019 mencapai Rp 26,7 triliun dan menjadi yang tertinggi se-Indonesia.

"Tren investasi di Jakarta semakin positif, "

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM dan PTSP) DKI Jakarta, Benni Aguscandra merinci, berturut-turut provinsi dengan investasi tertinggi setelah DKI Jakarta adalah Jawa Timur sebesar Rp 25,4 triliun, Jawa Barat Rp 20,5 triliun, Riau sebesar Rp 17,3 triliun, dan Jawa Tengah sebesar Rp 13,5 triliun.

"Provinsi DKI Jakarta dalam periode ini kembali dapat mempertahankan sebagai provinsi dengan realisasi investasi PMDN tertinggi di Indonesia. Kami bersyukur tren investasi di Jakarta semakin positif," ujarnya, Kamis (8/8).

Menurutnya, tingginya PMDN di Jakarta merupakan bukti bahwa investor dalam negeri terus tumbuh secara maksimal dengan daya saing yang terus meningkat.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas PM dan PTSP terus berkomitmen memberikan kemudahan dan pendekatan layanan perizinan dan non perizinan bagi seluruh investor dalam negeri untuk mengembangkan usahanya.

"Kami memiliki gerai memulai usaha di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh investor guna mengurus segala perizinan dan non perizinan yang dibutuhkan dalam membuka usaha dan mengembangkan usaha di Jakarta," terangnya.

Ia menambahkan, gerai memulai usaha tidak sebatas menangani perizinan dan non perizinan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, tetapi juga menjadi fasilitator dalam pengurusan dokumen izin dan non izin yang diterbitkan oleh pemerintah pusat.

"Menjadi solusi investasi dan perizinan di Jakarta merupakan visi kami," tandasnya.

TOP