Jakarta Museum Marathon Smart Race Diikuti 430 Peserta

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Andry | Sabtu, 03 Agustus 2019 13:04 WIB | Dibaca 1235 kali
Jakarta Museum Marathon Smart Race Diikuti 430 Peserta (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Jakarta Museum Marathon (JMM) Smart Race yang dihelat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta pada 3 dan 4 Agustus 2019 mendapat antusias dari masyarakat.

" Ini pertama kalinya kami membuat event ini dan animonya cukup tinggi"

Terbukti, selama dibuka pendaftaran dari 5-8 Juli 2019 lalu, masyarakat yang mendaftar ikut dalam event ini mencapai 1.559 orang. Dari jumlah tersebut terpilih 430 peserta (215 grup) yang akan terbagi ke dalam lima kategori.

Rinciannya, 30 peserta (15 group) kategori Jelajah Museum, 100 peserta (50 grup) kategori DUO Family, 130 peserta (65 grup) kategori DUO Umum, 100 peserta (50 grup) kategori DUO Komunitas, dan 70 peserta (35 grup) kategori DUO Kostum Unik.

Adapun peserta luar Jakarta berasal dari Bandung, Solo, Bekasi, Yogyakarta, Denpasar, Mojokerto, Tangerang, Bogor, Banjarmasin dan Balikpapan.

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Disparbud DKI Jakarta, Hari Wibowo mengatakan, sesuai dengan temanya 'Selfie Museum and Run Track', kegiatan ini merupakan salah satu upaya pengembangan potensi wisata sejarah yang dimiliki Jakarta.

"Kita ingin mengajak masyarakat luas mengunjungi beberapa Museum yang ada di Jakarta dalam waktu singkat," katanya, Sabtu (3/8).

Hari menyampaikan, acara ini dikemas semenarik mungkin sekaligus dilengkapi tantangan seru dan menyenangkan serta mengajak seluruh peserta bersama-sama mempromosikan destinasi sejarah yang dikunjungi.

"Ini pertama kalinya kami membuat event ini dan animonya cukup tinggi. Tercatat sudah lebih dari 1.500 pendaftar yang ikut. Karena keterbatasan slot, kami batasi jumlahnya sesuai slot yang ada," ungkapnya.

Ia menjelaskan, JMM SMART Race 2019 merupakan sebuah kegiatan untuk mempromosikan museum yang ada di Jakarta dengan menggabungkan olahraga dan wisata (sport tourism).

"Kegiatan ini untuk mengenalkan dan mengedukasi masyarakat luas betapa pentingnya mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jakarta," ucapnya.

Sementara itu, Event Manager JMM Smart Run 2019, Dilladil menambahkan, event ini akan diIaksanakan selama dua hari. Hari pertama perlombaan dengan kategori Jelajah Museum. Sementara hari kedua, perlombaan dengan kategori DUO Family, DUO Komunitas, DUO Kostum Unik dan DUO Umum.

"Di setiap perlombaan, para peserta akan ditantang menyelesaikan misi di museum dan mempromosikan museum melalui akun Instagram masing-masing," tuturnya.

Dilla menjelaskan, di hari pertama ini, 30 peserta Kategori Jelajah Museum yang terbagi ke dalam 15 grup akan menjelajahi banyak museum di Jakarta mulai pukul 08.00-20.00 menggunakan transportasi Transjakarta dan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

"Perlombaan ini akan dimulai dari Museum Layang-layang dan berakhir di Kota Tua. Para peserta ini harus menyelesaikan tantangan di setiap museum yang mereka kunjungi," tandasnya.

TOP