Gelar Produk IKM Kreatif di Pemkot Jakut Raup Omzet Rp 128 Juta

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 02 Agustus 2019 23:52 WIB | Dibaca 419 kali
Gelar Produk IKM Kreatif di Pemkot Jakut Raup Omzet Rp 128 Juta (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Gelar produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kreatif di Plaza Barat Kantor Wali Kota Jakarta Utara yang diikuti 59 pelaku usaha, sejak Selasa (30/7) hingga Jumat (2/8), berhasil meraup omzet sebesar Rp 128 juta.

" Hari keempat ini mencapai Rp 46 juta,"

Kepala Seksi IKM Kreatif Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Frida Elisabet menilai, kegiatan ini digelar dalam rangka pengembangan pemasaran pelaku usaha binaan.

“Omzet sampai hari ke tiga mencapai sekitar Rp 82 juta. Hari keempat ini mencapai Rp 46 juta,” katanya, Jumat (2/8).

Dijelaskan Frida, pelaku usaha yang dianggap berkualitas akan dipilih untuk mengikuti pameran IKM di tingkat provinsi, yang rencananya akan digelar di Balai Kota DKI Jakarta. Kualifikasi yang dipilih antara lain produk yang dijual sudah memiliki kemajuan pesat meski tergolong wirausaha baru.

“Nanti kita pilih yang produk jualnya sudah banyak menerima orderan konsumen. Artinya produk tersebut sudah digandrungi masyarakat,” jelasnya.

Kepala Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Utara, Agus Mulyadi menerangkan, produk yang dijual pada pameran ini sudah memenuhi standar, termasuk sudah mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) hingga label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Produk yang dipamerkan merupakan yang terbaik. Mereka sudah menjalani proses pembinaan dari program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) yang kami lakukan,” terangnya.

Untuk itu, dia pun mengajak masyarakat untuk bergabung dalam program PKT Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Utara. Para calon pelaku usaha akan mendapatkan pembinaan mulai dari P1 (pendaftaran) hingga P7 (permodalan).

“Kalau ada yang mau daftar, silakan ke kantor kami di kantor Wali Kota Jakarta Utara. Petugas kami akan membantu proses pendaftarannya, gratis,” tandasnya.

TOP