Dua Sekolah di Jakut Siap Ikuti Penilaian LSS Tingkat Nasional

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 01 Agustus 2019 11:48 WIB | Dibaca 295 kali
Dua Sekolah di Jakut Siap Ikuti Penilaian LSS Tingkat Nasional (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Persiapan dua sekolah dari Jakarta Utara, yakni TK Budha Tzu Chi dan SDN Kapuk Muara 03, Kecamatan Penjaringan, untuk mewakili Provinsi DKI ke Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional, terus dimatangkan. Rencananya, penilaian lapangan di kedua sekolah tersebut akan dilaksanakan Agustus ini.

" Sekolah sehat bukan sekadar fisik sekolahnya saja, tapi juga bisa memberikan contoh pada siswa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,"

Camat Penjaringan, Muhammad Andri mengatakan, SDN 03 Kapuk Muara dan TK Budha Tzu Chi telah menjuarai LSS tingkat kota dan provinsi pada 2018 lalu. Saat ini, keduanya tengah bersiap menghadapi penilaian lomba serupa di tingkat nasional.

“Sekolah sehat bukan sekadar fisik sekolahnya saja, tapi juga bisa memberikan contoh pada siswa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," katanya, Kamis (1/8).

Kepala SDN Kapuk Muara 03, Melfa Christine menerangkan, kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat sudah diterapkan kepada siswa jauh sebelum adanya penilaian Lomba Sekolah Sehat.

"Para guru menjadi role model dalam penerapan hidup bersih dan sehat. Mulai dari cara berpakaian hingga apa yang dimakan. Jadi anak-anak mencontoh apa yang dilakukan guru,” terangnya.

Sejumlah program kesehatan serta kebersihan seperti pemeriksaan kesehatan gigi, kantin sehat, gerakan cuci tangan, membawa bekal, makan buah dan menabung dengan bank sampah sudah diterapkan di sekolah.

Tidak hanya itu, selama ini siswa pun diajarkan bercocok tanam apotek hidup hingga menghasilkan sirup belimbing yang baik untuk mencegah diabetes.

“Sistem di kantin kami menggunakan uang dengan koin. Makanan dan minuman yang disajikan pun higienis dan tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai,” tandasnya.

TOP