Sudin Nakertrans Jakpus Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Sabtu, 20 Juli 2019 15:23 WIB | Dibaca 1630 kali
Sudin Nakertrans Jakpus Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans) Jakarta Pusat menggelar pelatihan pembentukan Tenaga Kerja Mandiri bidang kerajinan tangan kreasi kain perca dan aksesoris Angkatan I Tahun 2019.

"Peserta dilatih membuat tas serut, sandal kain perca, bros kain perca dan kalung kain perca "

Pelatihan ini telah digelar sejak 15 Juli 2019 dengan jumlah peserta 100 orang warga dari Kecamatan Gambir dan Tanah Abang. 

"Pelatihan kami laksanakan di RPTRA Kenanga dan RPTRA Hati Suci. Peserta dilatih membuat tas serut, sandal kain perca, bros kain perca dan kalung kain perca," ujar Fidiyah Rokhim, Kepala Sudin Nakertrans Jakarta Pusat, Sabtu (20/7).

Fidiyah mengatakan, saat ini peluang kesempatan kerja di sektor informal terbuka luas. Salah satunya di bidang kerajinan kain perca dan aksesoris. Oleh karena itu pihaknya mengadakan program pembinaan dan penempatan tenaga kerja melalui kegiatan pembentukan Tenaga Kerja Mandiri bidang kerajinan tangan kreasi kain perca dan aksesoris. 

"Dengan kreativitas dan ketelatenan, kain perca bisa diolah kembali menjadi aneka produk yang bernilai dan bermanfaat. Kain perca bisa diolah menjadi produk-produk yang bernilai jual tinggi seperti tas, bros, keset, karpet, sandal dan lain-lain," katanya.

Ia berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian, menyerap tenaga kerja dan terbukanya lapangan pekerjaan baru di Jakarta Pusat.

"Saat pencari kerja di Jakarta Pusat cukup besar jumlahnya," tandasnya.

TOP