UKM Expo 2019 Resmi Dimulai

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 19 Juli 2019 13:54 WIB | Dibaca 2318 kali
UKM Expo 2019 Resmi Dimulai (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Asisten Perekonomian Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati resmi membuka pelaksanaan UKM Expo Tahun 2019 di Balai Kartini, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan. UKM Expo 2019 berlangsung mulai 19-21 Juli mendatang.

" Kami tidak hanya membina mereka dari sisi pelatihan dan peningkatan kemampuan, tapi juga memasarkan produk-produk itu secara maksimal,"

Sebanyak 200 pelaku usaha di bidang kuliner, fesyen, dan kriya yang merupakan peserta Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) binaan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) difasilitasi mengikuti kegiatan ini.

Sri Haryati mengatakan, program PKT yang digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta secara nyata mampu mengajak masyarakat untuk meningkatkan jiwa kewirausahaannya.

"Saya berbangga sekali dan mengapresiasi kegiatan ini. Kami berharap, pemerintah bersama para pelaku usaha bisa semakin menggerakkan perekonomian di Jakarta," ujarnya, Jumat (19/7).

Sri menjelaskan, UKM Expo ini mengusung tema "Menuju UKM Digitalisasi dan Globalisasi". Artinya, Pemprov DKI Jakarta mengajak pelaku UKM dan IKM yang tidak hanya mampu menghasilkan produk yang baik, tapi juga mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi.

"Kita menjadi bagian dari masyarakat dan perekonomian global. Sehingga, perlu berpikir luas salah satunya diwujudkan dengan kesiapan di era digital, termasuk untuk memperluas jangkauan pemasaran," terangnya.

Sri mengundang para pengusaha dan komunitas untuk semakin memajukan program PKT ini agar masyarakat lebih sejahtera dan bahagia karena pendapatannya meningkat.

"Saya tadi sudah berkeliling mengunjungi stan-stan. Kami berharap semua bisa semakin berkembang," ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta, Adi Ariantara menambahkan, penyelenggaraan UKM Expo bertujuan memperbesar potensi UKM, khususnya para wirausaha yang mengawali kegiatan usaha melalui PKT sejak tahun 2018 melalui berbagai kegiatan dan tahapan dalam tujuh langkah pasti akan sukses (7 PAS).

"Salah satu kegiatannya adalah pemasaran. Kami tidak hanya membina mereka dari sisi pelatihan dan peningkatan kemampuan, tapi juga memasarkan produk-produk itu secara maksimal," ucapnya. 

Menurutnya, dalam UKM Expo 2019 ditargetkan mencapai 400 orang pengunjung setiap harinya. Melalui acara ini, masyarakat bisa melihat progres kewirausahaan di Jakarta telah dan memicu masyarakat untuk memiliki jiwa berwirausaha.

"Mudah-mudahan ke depan ini akan menjadi event-event berkelanjutan setiap tahun. Kami coba canangkan setiap bulan Juli setelah HUT Jakarta dan menjelang HUT RI," tandasnya.

Untuk diketahui, UKM Expo 2019 juga diramaikan dengan serangkaian kegiatan seperti Lomba Fashion Show PKT, Lomba Pidato Tingkat SMA/SMK, Lomba Mewarnai, Lomba Desain Logo PKT, Pasar Murah, dan lokakarya.

Penampilan spesial musisi terkenal seperti Judika, Balena, dan Benny Tophot juga akan menambah semarak pelaksanaan UKM Expo ini.

TOP