Buruan Daftar Jadi Peserta Jakarta Museum Marathon Smart Race

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 05 Juli 2019 22:12 WIB | Dibaca 1245 kali
Buruan Daftar Jadi Peserta Jakarta Museum Marathon Smart Race (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menyelenggarakan Jakarta Museum Marathon (JMM) Smart Race 2019 pada 3-4 Agustus mendatang.

" Kami membuat kegiatan tersebut dengan konsep edusports tourism,"

Pendaftaran peserta JMM Smart Race dimulai pada 5 Juli. Untuk memberikan kenyamanan, Disparbud DKI akan memberlakukan sistem kuota untuk jumlah peserta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, kegiatan ini menjadi terobosan dan inovasi baru untuk mengajak masyarakat agar lebih mengenal museum di Jakarta sekaligus berolahraga.

"Kami membuat kegiatan tersebut dengan konsep edusports tourism. Jadi, memadukan sisi pariwisata, edukasi, dan olahraga," ujarnya, Jumat (5/7).

Edy menjelaskan, JMM Smart Race juga terbuka bagi peserta dari luar negeri. Pasalnya, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk mempromosikan pariwisata di Jakarta, khususnya dengan destinasi museum.

"Terbuka untuk umum dan gratis. Kita berharap melalui kegiatan ini semakin banyak wisatawan nusantara dan mancanegara yang datang ke Jakarta," terangnya.

Ia berharap, seluruh peserta nantinya juga bisa menjadi duta pariwisata untuk lebih mempromosikan museum-museum atau tempat bersejarah di Jakarta.

"Tidak kalah penting, melalui kegiatan ini kami juga akan menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk lebih membiasakan menggunakan transportasi umum," ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran dan Disparbud DKI Jakarta, Hari Wibowo menambahkan, penggunaan sosial media Instagram menjadi syarat pendaftaran. Setiap peserta diwajibkan merupakan pengguna Instagram aktif.

"Setiap peserta diwajibkan mengunggah kegiatan mereka saat mengunjungi dan melewati museum serta tempat-tempat bersejarah ke Instagram mereka," ucapnya.

Hari menuturkan, dalam pelaksanaan JMM Smart Race juga akan diadakan games sebagai poin penilaian untuk menentukan pemenang lomba. Dalam games tersebut ada petunjuk-petunjuk yang menjadi edukasi bagi peserta agar bisa memahami museum, sejarah, dan budaya.

"Kami menyiapkan hadiah bernilai ratusan juta rupiah bagi pemenang. Selain itu, seluruh peserta akan diberikan medali," tandasnya.

Untuk diketahui, JMM Smart Race akan memperlombakan sejumlah kategori seperti,  Jelajah Museum, Dua Family, Duo Komunitas, Duo Kostum Unik, dan Duo Umum.

TOP