49 Atlet Pelajar DKI Ikuti Pemusatan Latihan di Semarang

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 05 Juli 2019 17:25 WIB | Dibaca 459 kali
49 Atlet Pelajar DKI Ikuti Pemusatan Latihan di Semarang (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Sebanyak 49 atlet pelajar DKI Jakarta mengikuti pemusatan latihan dalam rangka pembentukan Tim Pelajar Indonesia untuk mengikuti 11th Asean School Games (ASG).

"Meningkatkan mental tanding dan taktik, "

Pemusatan latihan dilaksanakan mulai 29 Juni-16 Juli 2019 mendatang di Semarang, Jawa Tengah. Sementara, 11th Asean School Games akan berlangsung pada 17-25 Juli 2019 di tempat yang sama.

Kepala Seksi Olahraga Prestasi Pelajar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta, Asep Rachmat Hidayat mengatakan, atlet pelajar yang mengikuti pemusatan pelatihan berasal dari SMA Ragunan PPOP DKI Jakarta, dan sejumlah SMA/SMK di Jakarta.

Para atlet tersebut akan mengikuti sembilan dari 10 cabor yang diperlombakan dalam ASG yaitu, atletik, basket, tenis meja, renang, tenis, bola voli, pencak silat, dan bulu tangkis.

"Saat pemusatan latihan mereka akan dibekali materi untuk meningkatkan mental tanding dan taktik," ujarnya, Jumat (5/7).

Menurutnya, wakil asal DKI Jakarta akan mengikuti pemusatan latihan bersama kontingen dari 18 provinsi lain seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Sumatera Utara, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Papua.

"Mereka yang dikirim untuk mengikuti pemusatan latihan ini merupakan tim inti. Mereka merupakan yang terbaik hasil seleksi Kemenpora," terangnya.

Ia menambahkan, kompetisi ASG tersebut  merupakan momentum untuk membuktikan bahwa atlet muda Indonesia benar-benar memiliki kualitas di ajang olahraga tingkat pelajar ini.

"ASG ini diharapkan bisa menjadi tolok ukur para atlet muda Indonesia, khususnya Jakarta, untuk terus berprestasi dalam setiap ajang olahraga," tandasnya.

Untuk diketahui, pembukaan multievent terbesar khusus pelajar se-Asia Tenggara akan berlangsung pada 18 Juli di Stadium Holy Terang Bangsa School, Semarang, Jawa Tengah.

Sedangkan, acara penutupan akan dihelat di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, 24 Juli 2019.

Gelaran ASG ke-11 akan dikuti pelajar dari 10 negara di Asia Tenggara dengan mengangkat tema Unity, Spirit, and Respect.

TOP