Pemprov Berkolaborasi dengan Komunitas Kreatif Gerakkan Perekonomian Ibu Kota

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Andry | Sabtu, 22 Juni 2019 21:33 WIB | Dibaca 1453 kali
Pemprov Berkolaborasi dengan Komunitas Kreatif Gerakkan Perekonomian Ibu Kota (Foto : Mochamad Tresna Suheryanto / Beritajakarta.id)

Euforia perayaan HUT Ke-492 Kota Jakarta sangat terasa di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, sejak Sabtu pagi (22/6). Pemprov DKI Jakarta menggandeng komunitas kreatif yang terdiri dari para pembuat produk kreatif untuk menggelar sebuah bazar yang dilaksanakan di luar ruangan (outdoor) dengan konsep piknik,

dimana para pengunjung dapat merasakan suasana layaknya piknik di tengah ruang terbuka kota sambil berbelanja dan menikmati makanan.

" Dari komunitas Semasa, Kita dapat belajar bahwa dengan mencintai dan menghargai karya perajin, artinya kita menjadi penyambung sejarah kerajinan bangsa untuk generasi mendatang. Dari komunitas Sadari Sedari, kita dapat belajar bagaimana menerapkan gaya hidup baik dalam keseharian. Yaitu gaya hidup bertanggung jawab yang memperhatikan kelestarian alam dan lingkungan"

Acara ini terselenggara atas kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta bersama komunitas Semasa di Kota Tua dan Sadari Sedari. Dalam kolaborasi ini, Semasa di Kota Tua menghadirkan Semasa Piknik, dengan menggandeng lebih dari 60 pembuat produk kreatif. Mulai dari pakaian, keramik, hingga kuliner tersedia di Semasa Piknik.

Sementara itu, kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan komunitas Sadari Sedari berfokus pada donasi pakaian bekas untuk pendidikan di Indonesia. Bertajuk Pasar Raia Keliling Vol. 2, acara ini diisi dengan Garage Sale (penjualan pakaian bekas) dari sejumlah artis dan influencer Tanah Air seperti Agni Pratista, Vania Herlambang, dan Alexandra Asmasoebrata; penampilan musik; gelar wicara; dan pameran instalasi lingkungan. Seluruh keuntungan akan didonasikan kepada LKSA Nurul Ihsan dan Skola Lipu di Sulawesi Tengah.

Ketua Dekranasda Provinsi DKI Jakarta, sekaligus istri Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis, turut hadir dalam acara ini. Dalam kesempatan ini, Fery menyampaikan dukungannya terhadap komunitas kreatif yang menggerakkan masyarakat untuk melakukan aksi hidup baik di Jakarta.

"Dari komunitas Semasa, Kita dapat belajar bahwa dengan mencintai dan menghargai karya perajin, artinya kita menjadi penyambung sejarah kerajinan bangsa untuk generasi mendatang. Dari komunitas Sadari Sedari, kita dapat belajar bagaimana menerapkan gaya hidup baik dalam keseharian. Yaitu gaya hidup bertanggung jawab yang memperhatikan kelestarian alam dan lingkungan," ungkap Fery.

Acara ini digelar di Lapangan Banteng selama dua hari, pada 22-23 Juni 2019, dimulai pukul 10.00 – 18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB. Bazar kreatif di Lapangan Banteng ini terlaksana atas dukungan Pasar Jaya, BRI Peduli, Gojek, dan Shopee.

TOP