Anies Resmikan Mural di Terowongan Jalan Kendal

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 21 Juni 2019 18:39 WIB | Dibaca 1191 kali
Anies Resmikan Mural di Terowongan Jalan Kendal (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan karya mural di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat.

" Program ini mengirimkan pesan perubahan wajah Jakarta,"

Karya mural tersebut menjadi menjadi salah satu penanda Wajah Baru Jakarta yang menjadi tema besar HUT ke-492 Kota Jakarta. Mural di Terowongan Jalan Kendal dibuat selama lima hari dimulai pada 17 Juni 2019 oleh Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Himpunan Mahasiswa Rupakapala Universitas Paramadina.

Anies mengatakan, karya tersebut  merupakan refleksi dan contoh transformasi wajah Jakarta. Tak hanya secara fisik berupa lukisan, goresan cantik mural ini juga menggambarkan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang berdampak pada perilaku warganya untuk semangat berjalan kaki.

"Program ini mengirimkan pesan perubahan wajah Jakarta, yang mana merubah paradigma pelebaran jalan untuk roda menjadi jalan untuk kaki, kita ingin lebih banyak lagi pembangunan yang memprioritaskan pejalan kaki," ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Jumat (21/6)

Melalui mural yang dilukis dengan beragam warna tersebut, Anies berharap akan memberikan pengalaman baru bagi para pejalan kaki yang melewati terowongan. Tak hanya sekadar melewati terowongan,para pejalan kaki yang setiap hari melintas di kawasan padat tersebut dapat sembari menikmati fasilitas artistik yang memanjakan mata.

"Kita ingin lebih banyak lagi program seperti ini karena saat kita berjalan kaki, kita berinteraksi dan berefleksi, dari rumah ke kantor bukan hanya perjalanan, tapi juga pengalaman, kita ingin kawasan ini memfasilitasi pengalaman baru untuk warga, kami ingin warga berhenti sejenak menikmati seni atau ber-selfie dengan mural-mural artistik ini," ungkapnya

Anies mengapresiasi hasil kolaborasi pemerintah dan swasta ini sehingga menghasilkan bentuk kerjasama kolaborasi yang bermanfaat bagi warga Jakarta. Ke depan pola kolaborasi ini akan banyak diterapkan dalam kebijakan atau program-program Pemprov DKI untuk mengahdirkan Wajah Baru Jakarta.

"Apresiasi kepada para pihak atas terselenggaranya kolaborasi ini, dan para anak muda yang membawa pembaharuan, sehingga muncul karya seni yang menginspirasi," tandasnya.

TOP