Disparbud Targetkan 1,5 Juta Wisman Kunjungi Museum

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 20 Juni 2019 22:39 WIB | Dibaca 1208 kali
Disparbud Targetkan 1,5 Juta Wisman Kunjungi Museum (Foto : Mochamad Tresna Suheryanto / Beritajakarta.id)

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta menargetkan realisasi kunjungan 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke museum.

" Museum punya daya tarik tersendiri,"

Kepala Disparbud DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, museum mempunyai kontribusi besar terhadap tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Jakarta.

"Tahun ini total target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 2,9 juta orang. Kami memproyeksikan sekitar 50 persen sampai 60 persen dari jumlah itu atau sebanyak 1,5 juta orang akan mengunjungi museum," ujarnya, Kamis (20/6).

Edy menjelaskan, animo wisatawan mancanegara yang berkunjung ke museum-museum yang dikelola Disparbud DKI Jakarta sangat tinggi, terutama dari benua Eropa.

"Museum punya daya tarik tersendiri, terlebih bagi wisatawan mancanegara," terangnya.

Menurutnya, koleksi-koleksi yang dipamerkan di museum memiliki berbagai macam cerita dan merupakan khazanah yang perlu diketahui. Selain dari segi bangunan, koleksi dan pelaksanaan pameran di museum menjadi penting sebagai daya tarik wisatawan.

"Jadi bagaimana tata pamer dan pameran hal berbeda. Tata pamer yang melekat pada museumnya dan pameran itu menjadi daya tarik juga. Saya ingin museum-museum di Jakarta bisa memperbanyak event atau pameran," ungkapnya.

Ia menambahkan, Jakarta sering disebut sebagai melting pot dari seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia. Untuk itu, sudah seharusnya harus Jakarta menjadi etalase untuk tampilnya kekayaan kebudayaan Indonesia.

"Berkunjung ke museum tidak hanya menjadi sekadar rekreasi. Tapi, banyak nilai-nilai edukatif dan pengetahuan yang bisa didapat," tandasnya.

TOP