Disparbud Gencarkan Promosi di Luar Negeri

Rabu, 19 Juni 2019 Reporter: Aldi Geri Lumban Tobing Editor: Toni Riyanto 3067

Disparbud Gencarkan Promosi di Luar Negeri

(Foto: doc)

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta terus mengencarkan promosi pariwisata, seni dan budaya. Promosi tersebut di antaranya dilakukan dengan mengirimkan delegasi untuk ikut serta pada 15 event berskala internasional di luar negeri tahun ini.

Target kunjungan wisatawan asing ke Jakarta bisa mencapai 2,9 juta orang,

Adapun 15 event tersebut yakni, Internationale Tourismus Borse Berlin, Arabian Travel Market Dubai, Beijing International Tourism Expo, Festival Indonesia di Oslo, Tong Tong Fair Den Haag, Perayaan Sister City Jakarta-Berlin, Milan Design Week, dan Festival Indonesia di Tokyo.

Kemudian, Internationale Tourismus Borse Asia, Matta Fair, Otdykh Leisure Moscow, World Travel Market London, Seoul Friendship Fai, Bangkok Sister Cities Week, dan Enjoy Jakarta di Los Angeles, Amerika Serikat.

Kepala Disparbud DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, selain event yang diikuti, jumlah delegasi yang mengikuti kegiatan promosi pariwisata dan budaya pada tahun ini juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

"Tahun lalu event yang diikuti tidak sampai 10, tapi di tahun 2019 meningkat menjadi 15 dengan jumlah tujuh delegasi," ujarnya, Rabu (19/6).

Edy menjelaskan, pengiriman delegasi budaya pada event internasional ini menjadi momen memperkenalkan dan mempromosikan kebudayaan serta kesenian Betawi kepada dunia internasional dalam rangka mendorong wisatawan mancanegara datang ke Jakarta.

"Tahun ini kami punya target kunjungan wisatawan asing ke Jakarta bisa mencapai 2,9 juta orang," terangnya.

Menurutnya, delegasi yang dikirim pada event berskala internasional tersebut mayoritas adalah pelaku seni tari yang berasal dari sanggar-sanggar binaan Disparbud DKI Jakarta. Selain membawa misi kebudayaan keikutsertaan ini juga mempromosikan wisata yang ada di Jakarta.

"Kami juga mempromosikan tempat wisata yang ada di Jakarta. Kami mengutus delegasi utamanya seniman tari," ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran dan Disparbud DKI Jakarta, Hari Wibowo menuturkan, delegasi yang diberangkatkan merupakan sanggar-sanggar binaan yang sudah memiliki jam terbang atau pengalaman dan lolos proses kurasi.

"Mereka harus betul-betul siap karena harus bisa tampil prima dan menjadi duta promosi. Selain talkative bisa bahasa Inggris, mereka juga harus mampu menjelaskan dari mulai kostum, aksesoris yang dia pakai, hingga makna yang terkandung kepada audiens atau tamu yang bertanya," tandasnya.

BERITA TERKAIT
Pemprov Didorong Optimalkan Promosi Pariwisata Saat Asian Games

Pemprov Didorong Optimalkan Promosi Pariwisata Saat Asian Games

Kamis, 05 Juli 2018 1561

       Dewan siap bahas anggaran promosi pariwisata pada APBD-P 2018

Dewan Dorong Anggaran Promosi Pariwisata Kepulauan Seribu Ditambah

Senin, 07 Mei 2018 2223

DKI Jakarta Ramaikan Tong Tong Fair 2019 di Belanda

Seni Budaya Betawi Meriahkan Tong Tong Fair di Belanda

Senin, 27 Mei 2019 3255

BERITA POPULER
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino memberi keterangan pers setelah Rapimgab

Wibi Berharap Pansus Hasilkan Perda yang Jadi Kebanggaan Jakarta

Jumat, 17 Oktober 2025 872

Personel Gabungan Bersihkan Tumpukan Sampah di Rawa Terate

Personel Gabungan Grebek Sampah di Rawa Terate

Kamis, 16 Oktober 2025 914

Gubernur  Pramono meresmikan pos pemadam kebakaran di Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan

Dibangun Tanpa APBD, Pos Damkar di Kebayoran Lama Utara Diresmikan

Senin, 13 Oktober 2025 1307

Uji coba wisata malam Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Sabtu (11/10)

Wisata Malam TMR Diminati Masyarakat

Senin, 13 Oktober 2025 1274

Jakarta Peringkat 18 Kota Paling Bahagia Dunia

Begini Respons Pramono Terkait Jakarta Masuk 20 Kota Paling Bahagia di Dunia

Senin, 13 Oktober 2025 1244

Bagikan ke :
BANG JAKI +indeks
POTRET JAKARTA +indeks
VIDEO +indeks