Dishub Bakal Sediakan 88 Pangkalan Angkutan Lingkungan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 17 Juni 2019 21:28 WIB | Dibaca 527 kali
Dishub Bakal Sediakan 88 Pangkalan Angkutan Lingkungan (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menyediakan sebanyak 88 pangkalan angkutan orang di kawasan tertentu atau angkutan lingkungan tahun ini.

"Meningkatkan ketertiban para pengemudi angkutan, "

Rinciannya, di Jakarta Selatan sebanyak 26 pangkalan, Jakarta Timur 11 pangkalan, Jakarta Pusat 15 pangkalan, Jakarta Utara 18 pangkalan, dan Jakarta Barat ada 18 pangkalan.

Kepala Seksi Angkutan Orang Dishub DKI Jakarta, Regitta Maywidia Sari mengatakan, sampai dengan saat ini pangkalan yang sudah ada di Jakarta Selatan berjumlah 21, di Jakarta Timur ada 10, 15 di Jakarta Pusat, 18 di Jakarta Utara, serta lima pangkalan di Jakarta Barat.

"Total jumlah pangkalan angkutan lingkungan yang sudah ada mencapai 69 pangkalan," ujarnya, Senin (17/6).

Menurutnya, penentuan 88 lokasi tersebut berawal dari permohonan pengajuan pangkalan resmi angkutan lingkungan oleh Dewan Pimpinan Unit (DPU) Organda kepada Dinas Perhubungan pada September 2018.

Kemudian, Dinas Perhubungan dan Suku Dinas Perhubungan di masing-masing wilayah bersama Organda angkutan lingkungan serta operator melakukan pendataan dan survei titik-titik potensial untuk dijadikan pangkalan.

"Kami melakukan pendataan dan survei titik pangkalan yang sudah pernah atau masih ada, maupun berpotensi untuk dijadikan sebagai pangkalan angkutan lingkungan," terangnya.

Regitta menjelaskan, dengan adanya pangkalan angkutan orang di kawasan tertentu atau angkutan lingkungan tersebut dapat meningkatkan ketertiban para pengemudi.

"Diharapkan dapat meningkatkan ketertiban para pengemudi angkutan lingkungan sehingga tidak memicu terjadinya kemacetan," tandasnya.

TOP