Warga Bintaro Panen 200 Kilogram Kacang Tanah

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Kamis, 13 Juni 2019 11:44 WIB | Dibaca 527 kali
Warga Bintaro Panen 200 Kilogram Kacang Tanah (Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Ratusan kilogram kacang tanah berhasil dipanen dari lahan pertanian warga di RT 01/15, Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Lahan tersebut merupakan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dimanfaatkan warga sekitar.

" Hari ini kita panen jagung dan kacang tanah. Saya lihat ini sebuah inovasi yang bagus memanfaatkan lahan kosong untuk lahan pertanian"

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali pun terlibat langsung dalam proses panen kacang tanah. Selain itu, disaat bersamaan tanaman jagung di lahan tersebut juga sudah siap panen.

"Hari ini kita panen jagung dan kacang tanah. Saya lihat ini sebuah inovasi yang bagus memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian. Semoga kreativitas warga di Kelurahan Bintaro ini bisa menular ke kelurahan lain," ujarnya, Kamis (13/6).

Sementara Lurah Bintaro Dimas Prayudi menambahkan, total luas lahan jagung dan kacang tanah masing-masing 800 meter persegi. Total berat kacang tanah yang dipanen mencapai 200 kilogram, sementara jagung 70 kilogram.

"Hasilnya dibagi kepada yang mengurus pertanian, sisanya dijual untuk beli bibit lagi. Kacang tanah per kilogram Rp 20 ribu dan jagung Rp 2.000 per buah," ucapnya.

Ketua RW 15 Kelurahan Bintaro, Haykal menuturkan, bahwa pemanfaatan lahan tersebut sangat baik. Selain lingkungan menjadi bersih, warganya pun bisa teredukasi untuk bisa bertani.

"Ada 20 warga sini yang ikut mengurus pertanian. Dahulu kan banyak semak, sekarang terlihat bersih. Anak-anak di sini bisa belajar juga bertani," tandasnya.

TOP