Diskominfotik-Dinas KPKP Panen Sayuran di Balkot Farm

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Andry | Senin, 20 Mei 2019 23:37 WIB | Dibaca 739 kali
Diskominfotik-Dinas KPKP Panen Sayuran di Balkot Farm (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) bersama Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melakukan panen raya di Balkot Farm, Komplek Balai Kota.

" Ini sudah panen yang kedua"

Kepala Diskominfotik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, kegiatan panen raya di Balkot Farm sudah dua kali dilakukan. Terhitung ada 20 jenis sayuran yang ditanam di lokasi.

Rinciannya, tomat, daun saga, daun suji, jinten, daun handeuleum, kumis kucing, kangkung, bayam, daun tapak dara, melon, pakcoy, seledri, sawi mint, mangkokan, daun samhong, terong, lidah buaya.

"Ini sudah panen yang kedua. Waktu itu baru kangkung dan bayam. Saat ini lebih beragam dan lumayan banyak," ujarnya di Balkot Farm, Balai Kota DKI, Senin (20/5).

Menurut Atika, kehadiran tanaman hidroponik yang ditanam di lingkungan Balai Kota ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menerapkan gaya hidup sehat.

"Kita berharap ini bisa dijadikan salah satu model pertanian urban farming dengan memanfaatkan lahan yang sederhana," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni menambahkan, pengenalan urban farming seperti ini sudah dilakukan sejak 2016 lalu.

"Pertanian model seperti ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Cukup menggunakan air dengan pupuk yang ramah lingkungan," tandasnya.

TOP