Gang Hijau Terus Dikembangkan di Rawasari

Reporter : Maulana Khamal Macharani | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 16 April 2019 11:26 WIB | Dibaca 582 kali
Gang Hijau Terus Dikembangkan di Rawasari (Foto : Maulana Khamal Macharani / Beritajakarta.id)

Konsep Gang Hijau terus dikembangkan di wilayah-wilayah permukiman di Kelurahan Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Saat ini, sebanyak 11 RT di wilayah RW 02 telah melakukan penataan kampung agar menjadi lebih hijau dan asri.

" Warga semakin tergerak untuk mewujudkan lingkungan sejuk dan asri"

Ketua RW 02, Kelurahan Rawasari, Fadhillah mengatakan, awalnya program penataan kampung dimulai di wilayah RT 04 pada tahun 2017.

"Saya sangat senang, seiring berjalannya waktu para pengurus RT lainnya bersama warga semakin tergerak untuk mewujudkan lingkungan sejuk dan asri dengan menerapkan konsep Gang Hijau," ujarnya, Selasa (16/4).

Fadhillah menjelaskan, kesuksesan penataan kampung di 11 RT wilayah RW 02 juga tidak terlepas dari adanya bantuan yang diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta.

"Kami mendapatkan bantuan berupa 1.000 tanaman berbagai jenis dan 25 rak sebagai bagian media tanam," terangnya.

Dia menambahkan, dalam praktiknya, warga RW 02 juga menunjukan kreativitas lainnya dengan memanfaatkan botol air mineral dan ember bekas untuk membuat media tanaman gantung.

"Itu dikerjakan oleh kaum ibu, kader PKK dan kader Posyandu Anyelir yang ada di RW 02," ucapnya.

Sementara, Lurah Rawasari, Rahmat Hidayat sangat mengapresiasi kreativitas warganya. Selain membuat lingkungan hijau dan asri, diharapkan kualitas udara juga semakin baik.

"Penghijauan lingkungan banyak memberikan manfaat. Saya sangat mendukung upaya-upaya warga menwujudkan kampung hijau," tandasnya.

TOP