Lahan Pertanian di Rorotan Masuki Tahap Semai

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 25 Maret 2019 17:31 WIB | Dibaca 841 kali
Lahan Pertanian di Rorotan Masuki Tahap Semai (Foto : / Beritajakarta.id)

Lahan pertanian di wilayah Kelurahan Rorotan, Jakarta Utara, sudah memasuki masa tanam kembali. Penyemaian sudah dilakukan 270 petani penggarap lahan, sejak pertengahan Maret .

"Kita berharap semua proses berjalan lancar hingga tiga bula ke depan bisa memulai panen, "

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Rorotan, Abdul Khadir menjelaskan, total luas lahan pertanian di wilayah Kelurahan Rorotan mencapai 420 hektare. Penyemaian dilaksanakan secara bertahap dan diperkirakan rampung April mendatang.

"Terakhir kita panen Desember dan Januari. Memang seharusnya dimulai lagi Februari tapi ini agak telat," ujarnya, Senin (25/3).

Dijelaskan Khadir, keterlambatan masa semai itu lantaran para petani sengaja menunggu musim hujan reda. Dikhawatirkan masa semai gagal bila dimulai sejak Februari lalu.

Setelah melakukan penyemaian, jelas Khadir, proses pertanian akan dilanjutkan penanaman bibit hasil semaian. Setelah padi mulai tumbuh, petani harus melakukan perawatan agar padi mereka terlindung dari hama dan pasokan pengairan sawah terjaga dengan baik.

"Kita berharap semua proses berjalan lancar hingga tiga bula ke depan bisa memulai panen," tegasnya.

Kepala Seksi Pertanian Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, Insani menjelaskan, pihaknya memiliki petugas penyuluh lapangan (PPL) untuk memberikan pendampingan. Secara rutin PPL akan melakukan pengawasan agar proses pertanian berjalan sesuai harapan.

"Kegiatan yang rutin sudah dilaksanakan seperti sosialisasi. Mudah-mudahan panen yang diraih petani bisa maksimal," tandasnya.

TOP