Melihat Keseruan Panen Selada di RPTRA Jaya Molek

Reporter : Rezki Apriliya Iskandar | Editor : Andry | Kamis, 21 Maret 2019 16:35 WIB | Dibaca 1430 kali
Melihat Keseruan Panen Selada di RPTRA Jaya Molek (Foto : Rezki Apriliya Iskandar / Beritajakarta.id)

Ada pemadangan berbeda di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Jaya Molek, RT 05/06, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, hari ini. Ya, warga dan pengelola RPTRA tampak antusias melakukan panen selada sebanyak 72 net pot dari rak hidroponik di lokasi.

" Hari ini kita panen selada dengan sistem hidroponik,"

"Hari ini kita panen selada dengan sistem hidroponik. Kita tanam kurang lebih satu bulan," ujar Ning, Pengelola RPTRA Jaya Molek Pokja 3 saat ditemui di lapangan, Kamis (21/3).

Menurut Ning, selada hasil panen ini selanjutnya dijual ke warga yang tinggal di sekitar RPTRA dengan harga Rp 5 ribu per net pot.

"Dari 72 net pot hasil panen hari ini, 54 di antaranya sudah laku terjual dengan nilai mencapai Rp 270 ribu," katanya.

Ia menuturkan, selain selada, halaman RPTRA Jaya Molek juga ditanami tanaman sayur lainnya dan Tanaman Obat Keluarga (Toga). Antara lain pakcoy, timun suri, pare, terong ungu, kacang panjang, oyong, jahe, kunyit, sereh, kencur dan kumis kucing.

"Warga senang dan antusias. Biasanya kalau mau panen, kita ajak mereka. Sebagian ada yang langsung membeli," ungkapnya.

Anidah (38), salah satu warga mengaku sengaja datang ke RPTRA ini untuk melihat kegiatan panen sekaligus juga membeli selada hasil pertanian masyarakat setempat.

"Ini kan sayuran organik, saya mau coba bagaimana rasanya. Panen ini bagus karena lahan di Jakarta sudah sempit," tandasnya.

TOP