Petani di Semanan Ingin Ikut Progam Pengembangan Kewirausahaan Terpadu

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Jumat, 08 Maret 2019 20:20 WIB | Dibaca 575 kali
Petani di Semanan Ingin Ikut Progam Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Karya di Kelurahan Semanan, Kalideres, berharap diikutsertakan dalam program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Barat.

" Kami berharap dapat diikutsertakan dalam program pengembangan kewirausahaan terpadu agar dapat mengembangkan usaha lain."

Salah seorang petani Semanan, Asdedi (33) mengatakan, niatnya ikut program PKT agar dapat mengembangkan usaha selain bercocok tanam padi. Dia mengaku, saat ini sedang belajar usaha budidaya ikan cupang.

"Kami berharap dapat diikutsertakan dalam program pengembangan kewirausahaan terpadu agar dapat mengembangkan usaha lain, karena lahan sawah yang digarap akan berubah fungsi," ucapnya, Jumat (8/3).  

Pendapat senada disampaikan Tarmo (50), petani Semanan yang mengaku tertarik ikut program PKT untuk mengantisipasi apabila nanti lahan sawah yang digarapnya akan diambilalih kembali oleh pengembang.

"Saya bersedia mengikuti pembinaan kewirausahaan sesuai aturan yang berlaku," tukasnya.

Kasudin KPKP Jakarta Barat, Marsawitri Gumay menjelaskan, pihaknya siap menfasilitasi petani Semanan yang sudah memiliki KTP DKI untuk ikut program PKT.

Ia menambahkan, jika ada petani Semanan berminat membuka usaha budidaya ikan cupang pihaknya akan memberi pelatihan dan pendampingan.  

"Kami juga akan bantu fasilitasi perizinan, promosi atau pemasaran dan rekomendasi mengajukan pinjaman modal perbankan melalui program PKT," tandasnya.  

TOP