17 Sekolah Adiwiyata Diedukasi Pengelolaan Sampah

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 18 Februari 2019 17:18 WIB | Dibaca 1777 kali
17 Sekolah Adiwiyata Diedukasi Pengelolaan Sampah (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menyelenggarakan edukasi pengelolaan sampah bagi 17 sekolah yang masuk dalam nominasi Adiwiyata Tahun 2018 Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

" Kami ingin para pelajar juga bisa menjadi contoh"

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Cililitan, Jakarta Timur tersebut diikuti sebanyak 85 peserta. Setiap sekolah diwakili oleh empat orang murid didampingi satu orang guru.

Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat Dinas LH DKI Jakarta, Joko Riyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari.

"Kami mengedukasi pengelolaan sampah dari sumbernya, mulai dari pemilahan hingga pembatasan penggunaan kantong plastik," ujarnya, Senin (18/2).

Dijelaskannya, dalam kegiatan tersebut turut menghadirkan narasumber dari Waste4change yang mengusung tema "Sampah di Sekolahmu" dan "Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik".

"Kami memprioritaskan sekolah-sekolah yang masuk nominasi Adiwiyata Tahun 2018 karena akan mengikuti penilaian di tingkat nasional," terangnya.

Joko berharap, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi dan membiasakan seluruh komunitas sekolah agar menjaga kebersihan lingkungan.

"Kami ingin para pelajar juga bisa menjadi contoh. Rencananya, pada 4 Maret mendatang kita akan mengajak mereka ke TPST Bangar Gebang," tandasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 17 sekolah Adiwiyata yang mengkuti kegoatan itu yakni, SD Negeri Gedong 05 Pagi, SD Negeri Kelapa Dua Wetan 03, SD Negeri Pulau Kelapa 02 Pagi, SD Negeri Jelambar 03, SD Negeri Cengkareng Timur 21, SD Negeri Lagoa 11,

Kemudian, SD Negeri Kelapa Dua Wetan 06, SD Negeri Semper Barat 13, dan SD Negeri Kebon Bawang 05, dan SD Swasta Strada Wiyatasana

Selanjutnya, SMP Negeri 121, SMA Negeri 95, SMA Negeri 65, SMA Negeri 69, SMA Negeri 1,SMK Negeri 16, dan SMK Santa Maria.

TOP